Connect With Us

Proyek PLTSa Kota Tangerang Masih Diragukan Aktivis

Agus Riyadi (GES) | Senin, 6 Februari 2017 | 18:00

akses jalan menuju pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing Kota Tangerang. (@TangerangNews.com 2017 / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNews.com - Rencana kelanjutan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kota Tangerang, hingga kini masih terus dikritisi.

Bahkan, sejumlah aktivis yang tergabung dalam komunitas peduli lingkungan dan juga tokoh masyarakat di wilayah setempat pun nampaknya juga masih meragukan pembangunan itu dapat terlaksana dengan baik. Sebab, mereka yakin akan adanya  dampak buruk yang ditimbulkan atas aktivitasnya nanti.

" Masyarakat yang peduli terhadap lingkungan akan turun secara nasional bukan hanya skala lokal Kota Tangerang saja. Karena hal ini berkaitan dengan berkehidupan masyarakat luas. Sudah jelas-jelas Perpres nya saja sudah dianulir oleh MA. Ada 15 negara  melarang," tegas Fahrul Rozi, Ketua Komunitas Peduli Sampah di kota itu.


Menurutnya, banyak pertimbangan khusus yang secara mendetail harus terpenuhi dalam konsep pembangunan baik itu infrastruktur maupun kegiatan pelaksanaannnya nanti. Salah satu diantaranya, adalah terkait prioritas ketersediaan lahan yang mana didalamnya harus telah dilengkapi dengan studi kelayakannya.

"Market sounding kemarin masih sangat terburu-buru sekali, belum apa-apa kok sudah penjajakan pasar. Yakinkan terlebih dahulu mengenai segala kelayakannya. Lagi pula TPA Rawakucing yang menjadi lokasi proyek PLTSa ini nantinya kan masuk kedalam zona KKOP, dimana pastinya tidak diperbolehkan adanya bangunan melebihi batas ketentuan, yakni 46 meter," ujarnya.

 Sedangkan diketahui minimum cerobong dalam infrastruktur proyek itu bisa mencapai hingga 125 meter.
Sementara, Oman Jumansyah, seorang tokoh masyarakat  juga mengingatkan kepada pemerintah setempat, agar dapat benar-benar mempertimbangkan progres itu dengan sebaik-baiknya, dan terlebih dahulu melakukan kajian dari berbagai aspek secara matang dan berulang.

"Memang konsep atau proyek ini sebuah inovasi yang bagus. Tetapi pemerintah pun harus pertimbangkan benar terkait dengan dampak-dampak yang akan timbul nanti. Jadi, jangan sampai malah menganggu keberlangsungan hidup masyarakatnya nanti. Pokoknya harus dikaji bener-bener itu," pungkasnya.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill