Connect With Us

Tangkal Hoax, Pemkot Tangerang Latih 64 Tenaga IT

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 15 Maret 2017 | 19:55

Pemkot Tangerang memberikan Pelatihan kepada Pegawainya di bidang Informasi Teknologi (IT), di Laboratorium Komputer Gedung Cisadane Kota Tangerang, Rabu (15/03/2017). (Tangerangnews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.COM-Seiring berkembangnya teknologi dan ramainya pengguna media sosial, semakin besar pula peluang tersebarnya berita palsu, atau biasa disebut orang-orang dengan berita hoax. Untuk mencegah maraknya hoax, Pemkot Tangerang memberikan pelatihan kepada pegawainya di bidang Informasi Teknologi (IT).

 

"Pegawai Pemkot harus bisa memberikan informasi yang valid kepada masyarakat. Oleh karenanya jangan sembarangan nge-share informasi yang belum jelas, " ujarnya Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah, saat memberikan arahan pada acara Pelatihan dan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Laboratorium Komputer Gedung Cisadane Kota Tangerang, Rabu (15/03/2017).

 

Arief mengatakan digitalisasi proses komunikasi membuat semua orang bisa menjadi produsen berita. Semuanya bisa memberitakan apa yang dilihat dan dialami. Hal ini terjadi di media sosial (medsos). Untuk itu, aparat bersama dengan media arus utama (mainstream) harus bisa meluruskan pemberitaan yang 'bengkok' tersebut.

 

"Contohnya kemarin, banyak beredar tuh informasi terkait serbuan dari salah satu kelompok transportasi berbasis aplikasi, padahal mereka lagi bersama saya, dan mereka saya tanya juga bilang itu informasi enggak bener," terangnya.

 

Arief juga meminta kepada aparat yang juga bagian dari masyarakat untuk bisa mengedukasi masyarakat dengan memberikan informasi yang aktual dan terpercaya. "Setidaknya arahkan mereka untuk mengakses informasi dari situs resmi pemerintah atau media yang terpercaya," tegasnya.

 

Dia berharap agar pegawai Pemkot Tangerang juga bisa terus membekali diri dengan pengetahuan terkait perkembangan teknologi informasi. Mengingat masih adanya pegawai yang belum bisa menggunakan aplikasi di ponsel pintar seperti android.

 

"Kita harus terus belajar. Sampai sekarang juga kalau (pegawai) enggak bisa masih nanya sama saya, bahkan yang instalin aplikasinya juga saya," tukasnya.

 

Untuk diketahui, Pelatihan Penerapan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut diikuti oleh 64 peserta yang berasal dari OPD dan Kecamatan se-Kota Tangerang.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill