Connect With Us

Tiap Industri Di Kota Tangerang Wajib Buat Lubang Biopori

| Senin, 4 Januari 2010 | 18:11

TANGERANGNEWS-Mengantisipasi terjadinya banjir di Kota Tangerang mewajibkan seluruh industri membuat biopori di ruang terbuka. Lubang biopori tersebut dianggap dapat memperkecil titik banjir, bahkan mencegahnya.


Menurut Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Tangerang Rostiwi, saat ini di Kota Tangerang sudah menjadi gejala umum bila musim hujan sering terjadi banjir dan saat kemarau malah kering kerontang. Ini semua terjadi karena air permukaan kurang terserap masuk ke dalam tanah. Untuk itu,  lubang biopori dimaksudkan untuk menyerap air disaat musim hujan. "Kondisi tersebut akan dicoba diatasi dengan pembuatan lubang biopori ini," ujarnya


Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Maman Faturrahman menjelaskan, lubang biopori itu sangat sederhana, berupa lubang silindris, semacama terowong kecil yang dibuat vertikal dari permukaan tanah, berdiameter 10 cm dengan kedalaman 1 meter. “Kedalaman sudah ditentukan oleh alat yang dikhususkan untuk pembuatan lubang biopori,” ujar Maman.


Ia menambahkan, selain di kawasan industri, biopori kerap dilakukan di lingkungan masyarakat khususnya diwilayah yang rawan banjir dan rentan dengan kekeringan. “Setiap lokasi perumahan memang dianjurkan untuk membuat lubang biopori,” papar Maman.(rangga)

WISATA
Nikmatnya Ramen Kakek Jepang di Tangerang Harga Kantong Pelajar

Nikmatnya Ramen Kakek Jepang di Tangerang Harga Kantong Pelajar

Senin, 16 September 2024 | 14:42

Bagi Kamu yang suka makanan khas Jepang, wajib mencoba Ramen Kakek Jepang. Berlokasi di Parlan District samping Alun-Alun Kota Tangerang, Ramen Kakek Jepang menghadirkan cita rasa yang berbeda dengan harga terjangkau.

SPORT
Kalah dari Persik Kediri, Pelatih Persita Sebut Pertandingan Tak Ideal

Kalah dari Persik Kediri, Pelatih Persita Sebut Pertandingan Tak Ideal

Kamis, 19 September 2024 | 10:40

Persita Tangerang harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari tuan rumah Persik Kediri pada lanjutan pekan kelima BRI Liga 1 2024/25 di Stadion Brawijaya, Kediri, pada Rabu, 18 September 2024.

KOTA TANGERANG
Waduh! Naik Bus Tayo Tak Bisa Lagi Bayar Pakai Cash

Waduh! Naik Bus Tayo Tak Bisa Lagi Bayar Pakai Cash

Kamis, 19 September 2024 | 19:30

Bus Tayo Kota Tangerang merupakan salah satu transportasi umum yang banyak digunakan oleh warga Kota Tangerang lantaran aksesnya mudah dan harganya sangat murah.

KAB. TANGERANG
Dokumen Pendaftaran 3 Paslon Pilkada Kabupaten Tangerang Dinyatakan Penuhi Syarat

Dokumen Pendaftaran 3 Paslon Pilkada Kabupaten Tangerang Dinyatakan Penuhi Syarat

Rabu, 18 September 2024 | 19:46

Tiga berkas pendaftaran pasang bakal calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tangerang dinyatakan sudah memenuhi syarat oleh KPU Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill