Connect With Us

Usai Banjir, Sampah Menumpuk di Total Persada

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 9 Mei 2017 | 18:00

Sampah menumpuk di sekitar lokasi pengungsian banjir, Selasa (9/5/2017). (@TangerangNews2017 / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Banjir yang merendam Perumahan Total Persada, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, menyisakan tumpukan sampah, tidak hanya mengambang di lokasi banjir, tapi juga di tempat pengungsian. Para korban banjir ini pun dihantui berbagai penyakit yang mengancam.

Salah satu pengungsi, Mega, 30, mengatakan bahwa sampah - sampah tersebut marak ditemukan di tempat pengungsian. Adapun sampah itu terdiri dari bekas nasi bungkus, plastik, serta kertas - kertas yang tak terpakai. “Kalau banyak sampah begini bisa kena penyakit nanti,” katanya, Selasa (9/5/2017).

Mega juga mengaku risau dengan kondisi pengungsian yang disesaki balita dan ibu - ibu. Pasalnya, pasca banjir, sejumlah penyakit kerap timbul seperti gatal - gatal, diare, dan typus. Penyakit-penyakit ini bepotensi menyebar ke para pengungsi. 

"Banjir kemarin saja anggota keluarga saya kena demam berdarah," ucap ibu beranak dua ini.

Hal selaras diutarakan Anti, 37, yang juga merupakan korban banjir di Total Persada. Wanita berusia 37 tahun ini mengeluhkan bahaya penyakit yang mengancam usai bencana banjir.

"Gimana enggak typus, tidur saja desak - desakan di pengungsian. Habis banjir kecapean bersih - bersih rumah. Dan selama di tempat pengungsian, cuma makan nasi bungkus sama mie instan terus," ungkapnya.

Sementara itu Kabid Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Indri Bevy menjelaskan, warga yang sakit dapat segera ditangani di Puskesmas yang sudah disediakan di sekitar lokasi pengungsian. Warga yang berobat tidak dipungut biaya.

"Pola hidup bersih ini memang perlu pasca-musibah banjir, karena memang banyak sumber penyakit. Kami melakukan tindakan preventif agar warga hidup sehat. Layanan Puskesmas juga dibuka selama 24 jam," papar Indri.

TANGSEL
Warga Muncul Tangsel Demo Tolak Penutupan Akses Jalan Raya Puspitek, Bakal Gugat BRIN

Warga Muncul Tangsel Demo Tolak Penutupan Akses Jalan Raya Puspitek, Bakal Gugat BRIN

Kamis, 18 April 2024 | 14:22

Ratusan warga di Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, menggelar aksi demo soal penutupan Jalan Raya Puspiptek arah Gunung Sindur oleh Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Kamis 18 Apri 2024.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill