Connect With Us

Jamin Ketepatan Alat Ukur, Metrologi Legal Kota Tangerang Lakukan Verifikasi Peralatan

Advertorial | Rabu, 22 November 2017 | 17:00

| Dibaca : 3406

Petugas dari Direktorat Metrologi Bandung melakukan verifikasi peralatan standar kerja dan standar uji milik UPT Metrologi Kota Tangerang (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-UPT Pelayanan Metrologi Legal Kota Tangerang melaksanakan verifikasi peralatan standar dalam rangka menjamin ketertelusuran dan menjaga kebenaran hasil pengujian. Verifikasi peralatan standar dilakukan di Laboratorium UPT Pelayanan Metrologi Legal pada 13-16 November 2017, meliputi peralatan standar kerja dan peralatan standar uji.

 

Verifikasi sendiri dilakukan oleh petugas dari Direktorat Metrologi Bandung. Adapun beberapa peralatan yang diverifikasi antara lain anak timbangan standar bidur sebanyak 3 ton (150 unit) yang merupakan penyerahan P3D dari Provinsi Banten, anak timbangan standar kelas ketelitian F dan M, alat pengukur kelembaban dan temperatur ruangan, dan lain-lain.

 

Pemkot

 

“Melalui proses verifikasi akan menjamin ketertelusuran peralatan standar milik UPT Pelayanan Metrologi ke peralatan standar yang lebih tinggi, sehingga ketertelusuran ini akan memberikan kepastian dan jaminan kebenaran terhadap hasil - hasil pengujian atau pelayanan tera dan tera ulang,” Kata Kepala UPT Metrologi legal Kota Tangerang Husein, Rabu (22/11/2017).

 

Menurut Husein, verifikasi ini juga upaya mewujudkan Kota Tangerang sebagai daerah tertib ukur. Apalagi Kota Tangerang merupakan kota perdagangan barang dan jasa, sehingga perlindungan konsumen menjadi hal penting. “Karena itu peralatan yang digunakan untuk melakukan tera ulang ini harus benar-benar akurat, sehingga selain melindungi konsumen, persaingan usaha juga semakin sehat,” katanya.

 

Husein menambahkan, pasca diresmikan tahun 2016, UPT Pelayanan Metrologi Kota Tangerang gencar melakukan tera ulang terhadap alat ukur yang digunakan untuk transaksi jual beli. Hal ini merupakan amanah UU 23/2014 tetang Pemerintah Daerah dimana kewenangan metrologi legal yang sebelumnya ada di provinsi menjadi urusan daerah.

 

“Yang akan ditera adalah semua alat ukuran, timbangan, takaran dan meteran seperti, meter taksi, meter air, timbangan, SPBU, jembatan timbang dan alat alat lain yg digunakan sbg dasar dalam transaksi perdagangan ,” ujarnya. (ADV)
BANDARA
Disayat Pasiennya di Bandara Soekarno-Hatta, Perawat Lanjut Tempuh Jalur Hukum

Disayat Pasiennya di Bandara Soekarno-Hatta, Perawat Lanjut Tempuh Jalur Hukum

Senin, 1 Maret 2021 | 18:56

TANGERANGNEWS.com-Deri Winanto, 32, perawat yang lehernya tersayat pasiennya

TANGSEL
Berlibur di Rumah Lawan COVID-19 Tangsel

Berlibur di Rumah Lawan COVID-19 Tangsel

Rabu, 3 Maret 2021 | 22:27

TANGERANGNEWS.com-Selangkah lagi, tempat karantina zona kedua di Rumah

AYO! TANGERANG CERDAS
Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 12:20

The Journalist Fellowship Program tahap pertama (Batch I) yang merupakan kolaborasi dari konsultan komunikasi Maverick Indonesia dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, rampung kemarin.

"Cara terbaik untuk memprediksi masa depan Anda adalah dengan menciptakannya."

Abraham Lincoln