Connect With Us

Cegah KKN Pengadaaan Barang dan Jasa, Pemkot Terapkan LPSE

| Rabu, 24 Februari 2010 | 18:22

Saeful Rochman (tangerangnews / dens)


TANGERANGNEWS-Pemerintah Kota Tangerang akan menerapkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau dikenal dengan istilah e-Procurement dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Penerapan e-Procurement ini diklaim dapat menjamin pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkot Tangerang lebih transparan, akuntabel dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).
 
“Karena dengan system LPSE, antara panitia, penguna anggaran dan penyedia/vendor tidak bertemu, sehingga bisa meminimalisir adanya kemungkinan KKN. Kota Tangerang sendiri merupakan provinsi ke-21 di Indonesia yang menerapkan e-Procurement LPSE dan merupakan pionir di ranah Banten,” ungkap Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi  Saeful Rochman.
 
Saeful menambahkan, sampak positit sistem e-Procurement dalam pengadaan barang dan jasa juga bisa lebih meningkatkan efisiensi anggaran, antara 15 persen sampai dengan 20 persen. “Berdasarkan pengalaman LPSE yang sudah eksis, seperti Jabar, ada penghematan anggaran sebesar 18 persen,” tuturnya.
 
Pasca peluncuran LPSE, kata dia, pihaknya akan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan seputar sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik ini bagi pengguna anggaran/pejabat pembuat komitmen (PPK), Panitia Pengadaan Barang dan Jasa (PPBJ) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  dan penyedia barang dan jasa/vendor. Kegiatan ini dijadwalkan pada Maret mendatang.
 
Saeful mengharapkan, setelah mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan, para penyedia barang dan jasa diharapkan melakukan pendaftaran (registrasi) ke wibsite LPSE Kota Tangerang dengan alamat; http://lpse.tangerangkota.go.id. “Nanti setelah registrasi akan dilakukan verifikasi dan apabila pendaftar memenuhi kualifikasi, akan mendapatkan User ID dan Password yang akan digunakan sebagai syarat mengikuti paket lelang secara elektronik,” terangnya.
 
Rencananya, sistem pengadaan barang dan jasa secara online tersebut akan direalisasikan pada 28 Februari 2010. (rangga)

TEKNO
Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Selasa, 17 September 2024 | 09:51

Indonesia siap memasuki era baru transportasi udara dengan kehadiran mobil terbang buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) berkolaborasi dengan perusahaan lokal teknologi berbasis di Bandung yang telah berdiri sejak tahun 2020, Vela Aero.

TOKOH
Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 5 September 2024 | 12:31

Ekonom senior Indonesia, Faisal Basri, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 5 September 2024.

MANCANEGARA
Sejumlah WNI Diduga Jadi Korban Penyekapan dan Penyiksaan di Myanmar

Sejumlah WNI Diduga Jadi Korban Penyekapan dan Penyiksaan di Myanmar

Rabu, 11 September 2024 | 16:50

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah memonitor beredarnya dua video yang diduga para Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengaku disekap dan disiksa perusahan online scam di Myawaddy, Myanmar.

WISATA
Nikmatnya Ramen Kakek Jepang di Tangerang Harga Kantong Pelajar

Nikmatnya Ramen Kakek Jepang di Tangerang Harga Kantong Pelajar

Senin, 16 September 2024 | 14:42

Bagi Kamu yang suka makanan khas Jepang, wajib mencoba Ramen Kakek Jepang. Berlokasi di Parlan District samping Alun-Alun Kota Tangerang, Ramen Kakek Jepang menghadirkan cita rasa yang berbeda dengan harga terjangkau.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill