Connect With Us

Air Bersih Datang Jika Investasi Rp445 Miliar Disetujui

| Senin, 29 Maret 2010 | 16:59

Ir H Achmad Marju Kodri (tangerangnews / pdam)

 
TANGERANGNEWS-Kebutuhan air bersih masyarakat di Kota Tangerang sepertinya masih akan menjadi mimpi. Pasalnya, PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang baru bisa melayani seluruh kebutuhan masyarakat Kota Tangerang,  jika rencana pembangunan investasi jangka menengahnya pada tahun ini  disetujui pemerintah pusat dan Pemkot Tangerang.
 
Direktur Utama PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ahmad Mardju Kodri mengatakan, pihaknya telah menghitung kebutuhan rencana investasi untuk medatangkan air bersih dan melayani masyarakat se-Kota Tangerang. Berdasarkan hitungan itu, dibutuhkan Rp445 miliar. Sumber dana itu terdiri dari APBN sebesar Rp177 miliar, Rp222 miliar APBD sisanya pinjaman dan penyertaan modal dari Pemerintah Provinsi dan PDAM sendiri.  
 
“Kalau ini terealisasi dan di setujui pemerintah, beban APBD menjadi berkurang. Dan seluruh warga Kota Tangerang bisa mendapatkan air bersih,” kata Mardju Kodri, kepada TangerangNews.com
 
Program pembangunan itu, kata dia, sebenarnya telah berjalan sejak 2009 lalu, tetapi kini perlu bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi. Karena, anggaran yang dibutuhkan untuk investasi itu tidak sedikit.
 
Seperti diketahui, dari 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang, hampir seluruhnya belum mendapat air bersih dari PDAM Kota Tangerang. Dintaranya adalah Neglasari, Jatiuwung, Benda, Batuceper dan Periuk..
 
“Baru tahun ini empat zona yang  akan mulai direalisasikan, yakni Karang Tengah, Pinang, Larangan dan Ciledug. Dana yang dibutuhkan untuk zona ini saja  sebesar  Rp 41 miliar,” ungkap Marju.
 
Mardju menambahkan, di luar rencana yang diajukan dalam rencana diatas, ia menargetkan mengambil alih 60.000 warga Kota Tangerang yang menjadi pelanggan PDAM Kabupaten.
 
Untuk mengambil alih pelanggan tersebut, kata dia, dua perusahaan sudah berminat untuk menanamkan investasinya.  “Kedua perusahaan itu antara lain, Air Trah Tangerang dan Tirta Sidoarjo. Perusahaan terakhir sudah melakukan ekspos dengan nilai investasi Rp450 miliar. Rencana ini merupakan target saya pribadi,” katanya.
 
Kepala Humas PDAM Tirta Bentang Kota Tangerang, Ichsan Sodikin mengatakan, saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Benteng sudah 17.342 sambungan. Para pelanggan itu tersebar di beberapa wilayah dengan wilayah terbanyak di Kecamatan Cipondoh yang mencapai 12 ribu pelanggan.
 
Banyaknya pelanggan berarti jaringan pipa di wilayah itu lebih banyak sehingga untuk mengembangkan wilayah itu tidak sesulit wilayah lain yang pelanggannya sedikit.
“Pada tahun 2011 mendatang, PDAM menargetkan ada penambahan pelanggan 10.500 sambungan. Dengan demikian pada tahun itu jumlah pelanggan PDAM Tirta Benteng 28.000 sambungan.” katanya.(rangga)
 
 

KAB. TANGERANG
Dokumen Pendaftaran 3 Paslon Pilkada Kabupaten Tangerang Dinyatakan Penuhi Syarat

Dokumen Pendaftaran 3 Paslon Pilkada Kabupaten Tangerang Dinyatakan Penuhi Syarat

Rabu, 18 September 2024 | 19:46

Tiga berkas pendaftaran pasang bakal calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tangerang dinyatakan sudah memenuhi syarat oleh KPU Kabupaten Tangerang.

KOTA TANGERANG
Waduh! Naik Bus Tayo Tak Bisa Lagi Bayar Pakai Cash

Waduh! Naik Bus Tayo Tak Bisa Lagi Bayar Pakai Cash

Kamis, 19 September 2024 | 19:30

Bus Tayo Kota Tangerang merupakan salah satu transportasi umum yang banyak digunakan oleh warga Kota Tangerang lantaran aksesnya mudah dan harganya sangat murah.

PROPERTI
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rumah di Bintaro

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rumah di Bintaro

Selasa, 17 September 2024 | 15:42

Bintaro, sebuah kawasan yang terletak di perbatasan antara Jakarta dan Tangerang, semakin populer sebagai pilihan hunian bagi banyak orang

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill