Connect With Us

231 Ribu Kendaraan Nunggak Pajak di Samsat Cikokol, Termasuk Plat Merah

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 7 Agustus 2018 | 14:00

Unit kendaraan bermotor roda empat milik pemerintah kota Tangerang yang sudah tidak terpakai terparkir di halaman kantor Puspemkot Tangerang, Selasa (7/8/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-UPT Samsat Cikokol, Kota Tangerang,  mencatat  ada sebanyak 231.609 unit kendaraan bermotor menunggak pajak tahunan. Hal ini sangat mempengaruhi pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala UPT Samsat Cikokol Saripudin mengatakan ratusan ribu kendaraan bermotor yang menunggak tersebut diantaranya kendaraan roda dua 207.128 unit dan kendaraan roda empat 24.481 unit. 

Kendaraan itu milik masyarakat sipil dan milik pemerintah setempat yang tersebar di seluruh operasi perangkat daerah (OPD).

“Angka itu kendaraan yang menunggak, termasuk kendaraan dinas plat merah yang belum melakukan pembayaran,” ujarnya kepada TangerangNews, Selasa (7/8/2018).

Menurutnya, pihak Samsat telah menelusuri terkait kendaraan yang menunggak tersebut. Hasilnya, didapati alasan bahwa masyarakat sipil yang tidak membayar pajak karena kendaraannya hilang.

Sedangkan kendaraan bermotor milik pemerintah menunggak karena sudah tidak terpakai. Padahal, di setiap OPD memiliki anggaran untuk membayar pajak yang termasuk pada anggaran operasional.

“Setelah kami telusuri, mentok di data. Ada yang hilang atau tidak dilaporkan. Nah untuk yang milik Pemda itu kendaraan yang nganggur, harusnya dilaporkan ke kita,” katanya.

Selain hilang dan tidak terpakai, tentu alasan lain adalah rasa kepedulian masyarakat dan pemerintah akan pentingnya membayar pajak sangat kurang.

“Masih kurang kesadaran masyarakat terkait membayar pajak kendaraan bermotor," paparnya.

Menunggaknya pajak ratusan ribu kendaraan bermotor tersebut sangat mempengaruhi pendapatan asli daerah (PAD). Di mana pada tahun 2018 ini UPT Samsat Cikokol memiliki target sebesar Rp677 miliar.

"Sangat berpengaruh terhadap PAD, untuk mengatasi tunggakan pajak kendaraan tersebut Samsat melakukan serangkaian kegiatan," jelas Nani Setiani, Kasie Pendataan dan Penetapan UPT Samsat Cikokol.

Menurut Nani, ratusan ribu kendaraan yang menunggak pajak tahunan itu menyumbat keran PAD. Padahal, membayar pajak teramat mudah lantaran pihak Samsat menggelar serangkaian kegiatan untuk memberikan pelayanan kepada wajib pajak.

Nani menuturkan berbagai kegiatan yang dilakukan Samsat untuk menjaring para wajib pajak melaksanakan kewajibannya dengan cara penelusuran data wajib pajak sesuai alamat, melaksanakan kegiatan razia kendaraan, mengerahkan mobil Samsat keliling di 5 titik keramaian dan membuka sembilan gerai Samsat.

"Apalagi sekarang ada bulan panutan pajak menyambut HUT RI dan HUT Provinsi Banten mulai 1 Agustus sampai 31 Oktober 2018. Semoga dengan adanya kegiatan tersebut inshaallah target tercapai," imbuh Nani.(RAZ/RGI)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill