Connect With Us

Air Sungai Cisadane Mulai Kering, Tercium Aroma Tak Sedap

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 13 Agustus 2018 | 17:00

Terlihat di tepi sungai Cisadane hampir sebagian sungai Cisadane sudah kering akibat dari puncak musim kemarau di Kota Tangerang Senin (10/8/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Puncak musim kemarau di Kota Tangerang berdampak pada keringnya air di sungai Cisadane. Debit air di sungai tersebut terus menurun.

Pantauan TangerangNews di Pintu Air 10, Pasar Baru, Kota Tangerang pada Senin (10/8/2018), debit air tampak mulai berkurang.

Di tepi sungai, lumpur sudah mengeras. Tampak pula sampah menyangkut di seluruh pintu air tersebut.

Petugas Pintu Air 10, Sukardin mengatakan, debit air saat ini berada di ketinggian yang tidak normal yaitu 11.50 meter. Normalnya adalah 12.50.

Hal itu menunjukkan bahwa volume air menurun setinggi satu meter sebagai pertanda aliran air semakin surut.

"Sudah mulai kering airnya. Ini turun sudah dua minggu yang lalu. Apalagi kemarin lebih surut, tingginya 11.40," ujarnya kepada TangerangNews.

Sebagai sumber bahan baku air bersih dua PDAM di Tangerang, yakni PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang dan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, susutnya debit air sungai Cisadane berdampak langsung terhadap kualitas maupun kuantitas air yang didistribusikan kepada pelanggannya.

Menurut Asisten Manager Humas dan Pengaduan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ichsan Sodikin, suplai air bersih kepada pelanggan mengalami penurunan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

"Air baku Cisadane itu sudah agak berbau. Jadi ada penambahan pemakaian kimia agar baunya hilang saat pengolahan air bersihnya," ungkapnya.

Ichsan melanjutkan untuk terus menyuplai kebutuhan pokok tersebut sesuai dengan kualitas maupun kuantitasnya, pihaknya bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Cisadane dan berkoordinasi PT Moya selaku pengelola air bersih.

"Sehingga pasokan air baku tidak akan berkurang untuk suplai ke intake pengolahan air bersihnya. Serta suplai air bersih kepada pelanggan tidak terlalu terganggu dan berjalan normal," tuturnya.

Menurutnya, penambahan bahan kimia terhadap air baku yang dikelola agar air tetap bersih tersebut tidak masalah untuk dikonsumsi.

"Masih taraf standar Kemenkes (Kementerian Kesehatan), jadi gak masalah untuk dikonsumsi," terangnya.

Namun, kata Ichsan, hingga kini pihaknya belum mendengar adanya warga maupun pelanggannya di kota Tangerang yang kekeringan air.

"Belom ada laporan ke PDAM. Tapi kita sudah siap antisipasi bantuan mobil tangki," imbuhnya.

Sementara PDAM Tirta Kerta Raharja menggelar shalat Istisqo untuk memohon hujan. Kegiatan itu berlangsung di kantor pusat PDAM Kota Tangerang.

"Kami menggelar kegiatan ini, memohon dan bermunajat kepada Allah SWT memohon segera diturunkan hujan, karena debit air sungai Cisadane semakin berkurang, airnya menghijau dan tidak mengalir," kata Direktur PDAM TKR Rusdy Machmud.(MRI/RGI)

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill