Connect With Us

Dibuka Malam Hari, Pesta Kembang Api & Lampion Meriahkan Festival Cisadane

Advertorial | Jumat, 24 Agustus 2018 | 16:11

Opening ceremony Festival Cisadane tahun 2018. (TangerangNews.com/2018 / Rangga A Zuliansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Perhelatan Festival Cisadane tahun 2018 bakal tersaji secara istimewa. Pemerintah Kota Tangerang akan memberikan sajian berbeda pada perhelatan festival tahunan yang tahun ini digelar bersamaan dengan Asian Games di Jakarta dan Palembang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyatakan, Opening ceremony Festival Cisadane tahun 2018 akan berbeda dibanding sebelumnya, karena dilakukan pada malam hari. “Ini merupakan pembeda dibandingkan dengan tahun lalu. Kami ingin membuat masyarakat menikmati pemandangan Sungai Cisadane yang bergelimang cahaya pada malam hari,” ungkapnya, Jumat (24/8/2018).

cisadane

Festival Cisadane dihelat pada 25 Agustus hingga 1 September 2018. Pembukaan festival akan dilakukan Sungai Cisadane, tepatnya di panggung terapung di wilayah jalan Benteng Jaya, Benteng Makasar, Kecamatan Tangerang, Sabtu (25/8/2018) malam.

Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan telah menyiapkan sejumlah agenda untuk menyemarakkan acara pembukaan. Puluhan perahu hias dilengkapi lampu warna - warni akan berparade di sekitar panggung. Sebuah pertunjukan rahasia juga bakal jadi kejutan bagi para pengunjung.

Selain itu, pesta kembang api yang mewarnai langit di atas Sungai Cisadane telah disiapkan. Lampu-lampu sorot dari tepian sungai akan menerangi sungai. Acara pembukaan rencananya diakhiri dengan pelepasan lampion ke sungai.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang Raden Rina Hernaningsih menyatakan, penyelenggaraan Festival Cisadane pada tahun ini sangat unik karena dikemas dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-73, sekaligus menyemarakkan Asian Games.

Festival yang bertujuan untuk menarik wisatawan tersebut akan dimeriahkan oleh lomba dayung perahu naga internasional. Lomba perahu naga juga diikuti peserta dari Makasar, Purbalingga, Palembang, Bekasi dan Jakarta.

Tak hanya lomba dayung perahu naga, lomba lainnya yaitu lomba perahu hias dan karnaval budaya yang akan diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang serta elemen masyarakat pun akan digelar di festival tersebut. Selain itu Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan juga menggelar lomba band dan tari kreasi.

cisadane

Sejumlah pertunjukkan seni dan budaya juga disiapkan sepanjang perhelatan Festival Cisadane 2018. Diantaranya pertunjukan lenong betawi, teatrikal dan musikalisasi puisi dan wayang golek. Elemen masyarakat pun ikut menyemarakkan Festival Cisadane 2018 seperti Pramuka yang mengadakan kegiatan Pramuka Peduli Sungai.

Selama dua tahun terakhir, Festival Cisadane telah menyedot pengunjung dari berbagai daerah. Tahun lalu, festival ini menyedot 20 ribu pengunjung. “Pada penyelenggaraan tahun ini diharapkan angkanya bisa tembus angka 40 ribu orang,"ujar Rina.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Dedi Suhada menyatakan perlombaan dayung perahu naga terbagi ke dalam dua kelas. Kelas pertama adalah berjarak 500 meter dan kelas kedua berjarak 300 meter.

Juara 1 pada kelas pertama akan diberi hadiah berupa uang tunai sebesar Rp40 juta, juara 2 senilai Rp30 juta dan juara 3 senilai Rp 20 juta. Sedangkan untuk juara 1 pada kelas kedua akan diberi hadiah sebesar Rp30 juta, begitupula juara 2 senilai Rp20 juta dan juara 3 hanya Rp10 juta.

Dispora, kata Dedi, akan menyelenggarakan perlombaan dayung untuk nomor Kano/Kayak kategori single atau double. Selain itu ada juga perahu naga U-20 dan kejuaraan terbuka tingkat Provinsi Banten. "Total hadiah seluruh perlombaan dayung sebanyak Rp310 juta rupiah,"ujar Dedi.

Festival Cisadane juga akan diramaikan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) binaan pemerintah. Dari 130 stan yang tersedia, sebanyak 81 stan dikhususkan untuk para UKM menjajakan dagangannya dan sisa stannya dipakai untuk pelayanan.(ADV)

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KOTA TANGERANG
Penumpang Arus Balik di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang Melonjak Capai 1.000 Per Hari

Penumpang Arus Balik di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang Melonjak Capai 1.000 Per Hari

Selasa, 16 April 2024 | 23:38

Terminal Poris Plawad Kota Tangerang mencatatkan peningkatan jumlah penumpang secara signifikan selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

BANTEN
PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

Senin, 15 April 2024 | 20:23

Dalam menyambut puncak arus balik mudik Lebaran 2024, General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis melakukan pengecekan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Provinsi Banten.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill