Connect With Us

Warga Keturunan Sekitar Bandara Tolak Digusur

| Senin, 12 April 2010 | 17:54

Warga menolak digusur (tangerangnews / rangga)

 
 
TANGERANGNEWS-Ratusan warga keturunan Cina Benteng (Cingbeng) yang tinggal di Kampung Lebak Wangi, Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang yang berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta  menolak rencana penggusuran.
 
Berdasarkan pantauan Seputar Indonesia, warga sudah mulai berkumpul sejak pukul 07.00 WIB,   di pinggir Jalan Raya Rawa Kucing. Mereka membawa kaleng-kaleng bekas sembari manabung, spanduk, poster yang isi penolakan pengusuran tiga kampung dan tiga RW. Warga yang memakai ikat kepala merah.

Edi Lim Kheng Chie ,34, warga keturunan Cina Benteng mengatakan, Pemkot Tangerang berencana melakukan penghijaun di bantaran sungai Cisadane sepanjang 10 hektar yang ditempati 2.500 warga keturunan Tionghoa dan warga pribumi di Kampung Lebak Wangi, Kelurahan Mekarsari RT 01 RW 01 hingga RW 03.

Rencana pengusuran itu telah disampaikan kepada warga sekitar 6 bulan lalu, namun hingga kini warga tetap menolak rumahnya digusur. Warga beserta puluhan anak kecil akhirnya mengelar aksi penolakan pengusuran.  “Disini sekitar 70 persennya warganya keturunan Cina Benteng dan 30 persen adalah warga pribumi. Kita sudah bersatu sejak dulu dan menolak pengusuran itu,”kata Edi kemarin.
 
Ratusan warga keturunan Cina Benteng dan pribumi ini,  telah tinggal sejak 1830 dan bermukim di kampung Lebak Wangi, Mekarsari, secara turun temurun membangun rumah petak di lahan seluas 10 hektar tepatnya di bantaran sungai Cisadane. Mereka tinggal disitu sebelum pintu air Cisadane dibangun tahun 1928. Di kampung itu terdapat dua sekolah gratis yang terancam digusur, terkecuali bangunan tempat ibadah Wihara Mahabodhi.
Pengusuran tersebut karena sebanyak 350 Kepala Keluarga (KK) itu belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di kawasan tersebut yang mereka akui. Hal tersebut yang membuat pemerintah daerah berkeinginan melakukan pengusuran karena lahan yang ditempati selama puluhan tahun itu dinilai illegal.

Sementara Camat Neglasari,  Habibullah menjelaskan, sudah hampir lebih dari 30 tahun warga bertempat tinggal di bantaran sungai Cisadane. Sejatinya, 50 meter dari bantaran sungai dilarang membangun rumah, namun kenyataanya tidak demikian.
Dia menjelaskan, Pemkot Tangerang sudah memberitahukan rencana pengusuran enam bulan lalu melalui surat edaran. “Rumah ratusan warga belum memiliki IMB. Kalau tidak halangan hari Selasa -Rabu  rumah warga Mekarsari akan digusur,”kata Habibullah.(rangga)

MANCANEGARA
Sejumlah WNI Diduga Jadi Korban Penyekapan dan Penyiksaan di Myanmar

Sejumlah WNI Diduga Jadi Korban Penyekapan dan Penyiksaan di Myanmar

Rabu, 11 September 2024 | 16:50

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah memonitor beredarnya dua video yang diduga para Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengaku disekap dan disiksa perusahan online scam di Myawaddy, Myanmar.

AYO! TANGERANG CERDAS
Siapkan SDM Unggul, ITPLN Rekrut 135 Mahasiswa Ikut Program Ikatan Kerja

Siapkan SDM Unggul, ITPLN Rekrut 135 Mahasiswa Ikut Program Ikatan Kerja

Selasa, 10 September 2024 | 19:08

Dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang kelistrikan nasional, PT PLN (Persero) merekrut 135 mahasiswa Institut Teknologi PLN (ITPLN) yang terpilih untuk mengikuti program ikatan kerja.

PROPERTI
Tren Properti Naik, Paramount Land Sukses Bangun Kawasan Komersil di Tangerang

Tren Properti Naik, Paramount Land Sukses Bangun Kawasan Komersil di Tangerang

Rabu, 11 September 2024 | 13:33

Memasuki kuartal ketiga 2024, Bank Indonesia (BI) melaporkan kenaikan Indeks Harga Properti Komersial sebesar 0,70 persen (year-on-year) pada Triwulan I-2024.

TANGSEL
Diduga Mabuk, Sopir Angkot Diamuk Massa Usai Tabrak Ibu Hamil di Serpong Tangsel

Diduga Mabuk, Sopir Angkot Diamuk Massa Usai Tabrak Ibu Hamil di Serpong Tangsel

Senin, 16 September 2024 | 21:35

Seorang sopir angkot roda niaga diamuk masa lantaran melarikan diri usai menabrak ibu hamil di Jalan Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill