Connect With Us

Hari Pangan Sedunia, Gereja di Tangerang Bagikan Ribuan Makanan Gratis

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 22 Oktober 2018 | 15:00

Festival Kuliner Nusantara di Cisadane Walk, Kota Tangerang, Senin (22/10/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38, Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB) menggelar Festival Kuliner Nusantara di Cisadane Walk, Kota Tangerang, Senin (22/10/2018).

Sebelum festival kuliner digelar, umat paroki juga melepaskan satu ton benih ikan di Sungai Cisadane sebagai ritual wajib pada perayaan HPS.

Ritual ini merupakan bentuk pelestarian dan kecintaan terhadap makhluk hidup seperti ikan, juga wujud syukur terhadap air sebagai salah satu sumber kehidupan.

Kemudian, pihak Gereja juga mengajak masyarakat untuk menjalin keakraban di bantaran sungai Cisadane.

Semua kalangan pun berbaur tanpa pengecualian, sekaligus diiringi sejumlah hiburan sambil menikmati beragam kuliner khas nusantara secara gratis.

Sebanyak 25 stand pedagang kecil turut meriahkan acara yang mengusung tema "Dalam Kebhinekaan Pangan Mempersatukan" ini. 

"Seperti tahun sebelumnya, kita menebar benih ikan mas, ikan mujair, dan lele. Di hari pangan tahun ini kita juga menyajikan berbagai kuliner," ujar Andreas Yudi, Humas Gereja HSPMTB.

Menurutnya, pangan merupakan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pangan juga memiliki jumlah yang terbatas, sementara jumlah penduduk kian meningkat. Oleh karena itu, bersama pihaknya ia menjadikan hari pangan ini sebagai momentum untuk berbagi.

"Kita memiliki sumber daya pangan yang terbatas, artinya dengan semakin banyaknya penduduk maka kebutuhan pangan itu harus ditutupi. Dari itu kita punya semangat untuk berbagi, maka kita ingin bahwa semangat ini cukup. Artinya yang sudah kita makan ya cukup, jangan sampai kita membuang makanan. Kita harus mensyukuri makanan yang ada," ucapnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Lidwina Purwanti menuturkan bahwa tahun ini pihaknya menyiapkan makanan gratis sebanyak 2800 untuk warga.

"Intinya di hari pangan ini kita mengajak masyarakat bergembira bersama. Kita jalin kekerabatan dengan memberdayakan masyarakat seperti para pedagang yang ada di sekitar Gereja," tuturnya.

Sementara Lurah Sukarasa, Taufik Hidayat mengaku sangat mendukung kegiatan sosial yang dilakukan umat gereja tersebut. Ia berharap agar kebersamaan ini terus dijaga dan dapat dilakukan kepada masyarakat yang lebih luas lagi.(RAZ/RGI)

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill