Connect With Us

Berantas Narkoba di Kalangan Pelajar, BNN Sarankan Tes Urine

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 23 Oktober 2018 | 17:00

Kepala BNN Kota Tangerang AKBP Akhmad F Hidayanto. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang menyarankan agar pihak sekolah khususnya tingkat SMA/SMK untuk melakukan tes urine kepada calon siswa saat proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).Hal ini untuk memberantas peredaran narkoba di kalangan pelajar. 

Diketahui dari pernyataan Kepala SMKN 2 Tangerang Dedi Kurniadi, bahwa dua siswanya yang kedapatan teler di GOR Tangerang karena menghisap tembakau gorila disebabkan tidak ada kegiatan tes urine saat PPDB.

"Pelaksanaan tes urine sebelum siswa masuk sekolah perlu dilaksanakan untuk menekan pemberantasan narkoba terhadap pelajar," ujar Kepala BNN Kota Tangerang AKBP Akhmad F Hidayanto, Selasa (23/10/2018).

Menanggapi pernyataan Dedi Kurniadi bahwa ada kendala biaya untuk melakukan tes urine saat seleksi siswa di PPDB, Akhmad menangatakan biaya untuk tes urine hal yang wajar karena jelas peruntukannya, sehingga tidak perlu dianggap pungutan liar jika pihak sekolah membebankannya kepada orang tua siswa. 

Terlebih, kata Akhmad, tes urine tersebut untuk menjaga siswa dari penyalahgunaan narkoba sehingga peserta didik bebas dari narkoba. 

"Kalau ini kan untuk mencegah, mungkin wajar saja untuk sekolah dan demi masa depan anak. Kalau misalkan menekan tidak boleh meminta, ya harus disediakan melalui programnya," imbuhnya.

Sementara itu, Kasie Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Tangerang Agus Sarulloh menambahkan, dari Januari hingga Oktober 2018 pihaknya telah melakukan 79 kali kegiatan penyuluhan.

"Sampai Oktober ini 79 sosialisasi. Yang terbanyak kegiatan digelar hampir 80 persen di sekolah-sekolah, sisanya di masyarakat," katanya.

Menurutnya, seluruh kegiatan sosialisasi yang menyasar kalangan pelajar telah menjangkau belasan ribu orang, sehingga rata-rata pelajar di Kota Tangerang telah menerima informasi terkait bahaya narkoba.

"Dari 79 kali sosialisasi itu, kita sudah menjangkau sekitar 13.157 orang. Termasuk  kita ada di car free day, juga kami sosialisasi," kata Agus.(MRI/RGI)

TANGSEL
Polisi Bubarkan Pelajar SMA Hendak Bagi-bagi Takjil di Pondok Aren Tangsel, Ini Sebabnya

Polisi Bubarkan Pelajar SMA Hendak Bagi-bagi Takjil di Pondok Aren Tangsel, Ini Sebabnya

Minggu, 24 Maret 2024 | 15:54

Anggota Polsek Pondok Aren menghentikan konvoi pelajar SMA yang melintas di perempatan Electronic City, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu 23 Maret 2024.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

BANTEN
UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 10:45

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) berpartisipasi dalam bazar bertajuk "Sobat Energi Belanja UMKM 2024" .

BANDARA
WN Portugal Kepergok Selundupkan 2.500 Gram Kokain Cair Dalam Botol Sampo di Bandara Soetta

WN Portugal Kepergok Selundupkan 2.500 Gram Kokain Cair Dalam Botol Sampo di Bandara Soetta

Senin, 25 Maret 2024 | 22:30

Penumpang pesawat asal Portugal ditangkap aparat Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang karena kedapatan membawa kokain cair seberat 2.500 gram di dalam botol sampo dan sabun.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill