Connect With Us

Dinkes Tangerang Jemput Bola, Cari Kasus Penularan Tuberkulosis & HIV AIDS

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 25 Oktober 2018 | 13:48

| Dibaca : 1210

Ratusan kader kesehatan dan petugas kesehatan mengikuti seminar kesehatan dalam rangka mencegah penyakit Tuberkulosis dan HIV/AIDS. (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kesehatan Kota Tangerang terus berupaya menekan masyarakat dalam mencegah penularan penyakit Tuberkulosis (TB) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).

Salah satunya dengan mencari kasus baru penularan penyakit tersebut lewat menjemput bola ke tiap-tiap rumah warga Kota Tangerang.

"November nanti kami melakukan kegiatan penemuan kasus secara aktif dari rumah ke rumah selama satu bulan penuh," papar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi saat Seminar Kesehatan  di ruang Al - Amanah, Gedung Puspemkot Tangerang, Kamis (25/10/2018).

Menurut Liza, dengan menemukan kasus baru di masyarakat, pihaknya bisa dengan cepat melakukan penanganan terhadap penderita sehingga penularan bisa dicegah. 

"Sebenarnya yang dipentingkan dari kegiatan ini bagaimana kami bisa menemukan kasus baru, kemudian kami melakukan pengendalian itu," ujarnya.

Liza menjelaskan, penyakit TB merupakan suatu infeksi bakteri yang ditularkan melalui saluran pernafasan. Sedangkan HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Kemudian AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV.

Jenis penyakit tersebut terbilang sangat berbahaya karena sifatnya menular, namun masih bisa dicegah dan disembuhkan. Oleh karena itu, pihaknya juga memberikan pembekalan kepada masyarakat agar dapat mencegah penyakit ini.

"Segera ke Puskesmas atau rumah sakit agar penyakit ini bisa disembuhkan, dikendalikan, dan tidak menularkan kepada orang sekitarnya," jelasnya.

Pembekalan tersebut diisi dengan kegiatan Seminar Kesehatan bertemakan 'Peningkatan Penemuan Kasus TB dan HIV menuju eliminasi tuberkolosis dan HIV Kota Tangerang 2030'.

Kegiatan yang merupakan rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54 ini turut dihadiri ratusan kader kesehatan dan petugas kesehatan.(RAZ/HRU)

TANGSEL
Pria Ini Colek-colek Anak Kecil di Bintaro Xchange Mall Tangsel, Sempat Kabur Saat Dikejar

Pria Ini Colek-colek Anak Kecil di Bintaro Xchange Mall Tangsel, Sempat Kabur Saat Dikejar

Senin, 27 Juni 2022 | 10:26

TANGERANGNEWS.com-Seorang pria diduga mencolek-colek beberapa anak kecil di Bintaro Xchange Mall, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 26 Juni 2022.

MANCANEGARA
Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Rabu, 1 Juni 2022 | 16:31

TANGERANGNEWS.com-Balita di India memiliki kekurangan fisik yang tidak biasa, dimana memiliki dua lengan dan dua kaki tambahan yang menonjol dari area perut dan pinggang.

TOKOH
Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Minggu, 27 Maret 2022 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pada tahun 2010 siapa yang tidak kenal dengan Rinni Wulandari, dia penyanyi terkenal di-era itu. Ya, mungkin publik masih ingat dengan Rinni Wulandari?

KOTA TANGERANG
 Aplikasi dan Server PPDB Online Kota Tangerang Semakin Permudah Pendaftaran

Aplikasi dan Server PPDB Online Kota Tangerang Semakin Permudah Pendaftaran

Senin, 27 Juni 2022 | 12:43

TANGERANGNEWS.com-Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) negeri tahun ajaran 2022-2023 di Kota Tangerang mulai dibuka, Senin 27 Juni 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill