Connect With Us

11 Persen Anak di Kota Tangerang Terkena Stunting, Ini Gejalanya

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 1 November 2018 | 13:00

| Dibaca : 3875

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi saat diwawancarai awak media, di aula Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Kamis (1/11/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Kebanyakan orangtua hanya melihat perkembangan dan pertumbuhan anaknya dari berat badan saja. Jika berat badan cukup atau melihat pipi anaknya sudah sedikit tembam, maka dianggap tersebut sudah sehat.

Padahal, tinggi badan tak kalah penting untuk dipantau. Banyak yang tidak menyadari bahwa anak pendek adalah permasalahan gizi yang cukup buruk bagi kesehatan anak. Hal inilah yang disebut Stunting.

Kepala Dinas Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi menyebut, 11 persen anak-anak di Kota Tangerang mengalami Stunting. Angka tersebut berdasarkan 1.300 sampel anak di Kota Tangerang.

"Kemarin kita survei untuk gizi seluruh populasi, seluruh balita. Ternyata stuntingnya 11,0 persen," ujarnya dalam Seminar 1.000 Hari Pertama Kehidupan di aula Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Kamis (1/11/2018).

Kendati demikian, Liza mengatakan angka tersebut lebih kecil dibandingkan DKI Jakarta yang mencapai 22 persen balita terindikasi Stunting.

"Lebih banyakan DKI daripada Tangerang," katanya.

Liza juga mengklaim angka tersebut mengalami penurunan di Kota Tangerang. Pada tahun 2017 kemarin kasus Stunting mencapai 23 persen. 

Seperti diketahui, stunting merupakan kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. Banyak yang tak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah pertumbuhan si kecil.

Apalagi, jika Stunting dialami oleh anak yang masih di bawah usia 2 tahun. Hal ini harus segera ditangani dengan segera dan tepat. Pasalnya Stunting juga kejadian yang tak bisa dikembalikan seperti semula jika sudah terjadi.

"Stunting itu salah satu pencetus timbulnya penyakit tidak menular saat dia dewasa berhubungan dengan tumbuh kembang, pada prinsipnya akan mempengaruhi fungsi dari otak," jelas Liza.

Oleh karena itu, seminar yang dihadiri ratusan kader kesehatan bertema Pemberian Makan Bayi dan Anak Bergizi untuk diberikan edukasi terkait masalah stunting.

"Kegiatan ini salah satunya adalah menjadi tanggung jawab Pemkot Tangerang untuk menjaga masyarakat menjadi anak-anak yg sehat karena anak-anak sehat itu adalah generasi penerus bangsa," tuturnya.(RAZ/RGI)

HIBURAN
Heboh Video Syur Diduga Mirip Nagita Slavina, Ini Hasil Analisa Roy Suryo

Heboh Video Syur Diduga Mirip Nagita Slavina, Ini Hasil Analisa Roy Suryo

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:14

TANGERANGNEWS.com-Jagad Media sosial dihebohkan dengan video syur yang memperlihatkan seorang perempuan dengan wajah diduga mirip Nagita Slavina

WISATA
Isu Tsunami Cilegon Bikin Okupansi Hotel di Anyer Anjlok

Isu Tsunami Cilegon Bikin Okupansi Hotel di Anyer Anjlok

Rabu, 15 Desember 2021 | 19:57

TANGERANGNEWS.com –Merebaknya isu bakal adanya tsunami di Cilegon akhir-akhir ini sangat mempengaruhi tingkat pesanan hotel atau okupansi di wilayah Pantai Anyer dan sekitarnya di Kabupaten Serang

TANGSEL
Kasus Covid-19 di Tangsel Terus Melonjak, Ini Penyebabnya

Kasus Covid-19 di Tangsel Terus Melonjak, Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:19

TANGERANGNEWS.com-Kasus penularan Covid-19 di wilayah Tangerang Selatan masih menunjukkan lonjakan yang cukup tinggi. Rata-rata terdapat temuan hingga puluhan kasus baru di setiap harinya

PROPERTI
Tangsel Jadi Salah Satu Primadona Pencarian Properti Sepanjang 2021

Tangsel Jadi Salah Satu Primadona Pencarian Properti Sepanjang 2021

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:20

TANGERANGNEWS.com-99 Group Indonesia mengungkapkan ada tiga wilayah yang menjadi primadona pencarian properti pada 2021, yaitu Tangerang Selatan (Tangsel) Banten, Sleman Yogyakarta

"Ambil Lompatan Keyakinan dan Mulailah Tahun Baru yang menakjubkan ini dengan rasa percaya"

Sarah Brightman