Connect With Us

Hari Pahlawan, Ratusan Napi Tangerang Berbusana ala Pahlawan Kemerdekaan

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 10 November 2018 | 13:21

Para Warga Binaan Pemasyarakatan berbusana ala Pahlawan Kemerdekaan dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional. (@TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi )

 

TANGERANGNEWS.com-Peringatan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada hari ini, 10 November 2018, dikemas menarik oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, Tangerang.

Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berbusana ala Pahlawan Kemerdekaan dalam rangka mengikuti kegiatan bertema The Gathering of Heroes tersebut.

Dirjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami mengatakan, acara yang dilakukan serentak se-Indonesia ini diikuti oleh ratusan ribu warga pemasyarakatan dari seluruh Lapas, Rutan, dan Anak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) melalui konferensi video.

Dalam kesempatan itu, Sri menyampaikan pesan Presiden RI Pertama Soekarno untuk jangan sesekali melupakan sejarah.

"Bung Karno memberi pesan kepada kita jangan pernah melupakan sejarah. Pesan tersebut memiliki maksud agar hal-hal positif yang sudah dicapai di masa lalu tidak dibuang begitu saja," ujar Sri dalam sambutannya di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Sabtu (10/11/2018).

"Menghormati jasa pahlawan bukanlah sekedar mengenang masa lalu, tetapi juga merupakan wujud rasa terima kasih kepada para pahlawan," sambung Utami.

Sri kemudian mengajak warga binaan untuk menyadari dan menghargai orang-orang pada kehidupan sehari-hari yang telah berjasa.

Seperti keluarga, tokoh masyarakat, pegawai pemerintah dan terutama Petugas Pemasyarakatan yang setiap hari memberikan pelayanan, pembimbingan dan pembinaan.

"Kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk memberikan jiwa nasionalisme, patriotisme serta kesadaran dan kepedulian akan orang lain yang memiliki peran strategis untuk menjadi lebih baik, sejahtera dan bahagia," kata Sri.

Sri melanjutkan, acara The Gathering of Heroes juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat hidup baru yang lebih baik kepada seluruh warga binaan di Indonesia. Sehingga dapat memberikan kontribusi positif pada masyarakat sekitar.

"Sesuai dengan tujuan Pemasyarakatan yaitu re-integrasi sosial," ungkap Utami.

Senada dengannya, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Harun Sulianto menyampaikan juga bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan terhadap WBP.

"Bahkan, dalam kegiatan ini ada narapidana teroris akan mengambil bagian dengan membacakan pesan-pesan pahlawan. Ini membuktikan bahwa The Gathering of Heroes memberikan dampak yang sangat baik bagi para WBP," jelas Harun. 

Dalam rangkaian acara itu, peserta juga menyanyikan lagu-lagu kebangsaan secara serentak dan pentas seni. 

Berbagai perlombaan juga diselenggarakan antara lain lomba baca puisi kebangsaan, menyanyi lagu kebangsaan, kontes pakaian ala pahlawan dan pakaian daerah serta dan banyak lagi.(RAZ/HRU)

BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KAB. TANGERANG
Sekda Tangerang Minta Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan 

Sekda Tangerang Minta Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan 

Selasa, 23 April 2024 | 20:18

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengajak guru-guru dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Pergerakan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) di Kecamatan Pagedangan

SPORT
Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Selasa, 23 April 2024 | 14:52

PT PLN (Persero) menggelar ajang PLN Mobile Proliga 2024, yakni turnamen voli profesional yang diharapkan akan mencetak atlet-atlet voli Indonesia berkelas dunia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill