Connect With Us

176.449 Warga Kota Tangerang Miskin, Terbanyak di Neglasari

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 7 Februari 2019 | 18:21

| Dibaca : 2300

Ilustrasi Orang Miskin. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Kemiskinan menjadi permasalahan serius yang harus ditangani oleh Pemerintah. Berbagai macam upaya telah dan sedang digencarkan demi menekan angka kemiskinan.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Masyati, angka kemiskinan di kota seribu industri dan sejuta jasa ini mencapai 68.770 keluarga dari 2 juta penduduk. Sementara jika dikalkulasi, sebanyak 176.449 jiwa masih mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan primer.

"Kalau jumlah total, kita ada 68.770 keluarga. Ini berdasarkan hasil data tahun 2018. Kalau jiwanya 176.449," ujar Masyati saat ditanya angka kemiskinan di Puspemkot Tangerang, Kamis (7/2/2019).

Masyati menyebutkan, puluhan ribu keluarga miskin tersebut tersebar di Kota Tangerang. Dari 13 kecamatan, keluarga miskin terbanyak berada di kecamatan dengan 7 ribu kepadatan penduduk yakni Neglasari. Meskipun begitu, Masyati mengklaim bahwa angka kemiskinan tersebut menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Angka ini justru menurun. Kalau tidak salah dari 5,9 jadi 4,9 persen sekarang," katanya.

Menurutnya, kemiskinan dipicu oleh berbagai macam faktor. Salah satunya karena putus sekolah. Demi meminimalisir angka kemiskinan, lanjut Masyati, Pemerintah telah merancang serangkaian program. Diantaranya adalah memfasilitasi keluarga penerima manfaat (KPM) untuk menghasilkan produk bernilai ekonomis dan membentuk pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) untuk menampung permasalah sosial.

"Program kita banyak. Yang kita lagi selenggarakan program mandiri itu terbentuknya 104 Puskesos dalam rangka mempercepat menangani kemiskinan," paparnya.(RMI/HRU)

BANTEN
Benteng Speelwijk Jadi Saksi Kejayaan Kesultanan Banten

Benteng Speelwijk Jadi Saksi Kejayaan Kesultanan Banten

Minggu, 22 November 2020 | 12:15

TANGERANGNEWS.com—Benteng Speelwijk merupakan destinasi wisata yang telah dikenal masyarakat sebagai tempat wisata yang memiliki kaitan erat dengan masa kejayaan Belanda di Indonesia

TANGSEL
Sempat Terkendala, Sejuta Lembar Surat Suara Pilkada Tiba di Tangsel

Sempat Terkendala, Sejuta Lembar Surat Suara Pilkada Tiba di Tangsel

Selasa, 24 November 2020 | 19:31

TANGERANGNEWS.com-Truk pengangkut surat suara Pemilihan Kepala Daerah

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil