Connect With Us

Toko Ritel di Kota Tangerang Harus Tampung Produk UKM

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 27 Februari 2019 | 19:00

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi Wakilnya Sachrudin meresmikan warung kelontong yang telah dibedah Alfamart di Kampung Hidroponik. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menetapkan Peraturan Wali Kota Tangerang (Perwal) tentang Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Arief mengatakan, dalam Perwal tersebut ia menginginkan agar pengelola ritel se-Kota Tangerang seperti Alfamart dan Indomaret bisa menjual 15 persen produk UKM.

"Saya sudah tandatanganin Perwal soal mart, mart, mart gitu. Biar bisa kerjasama 15 persen dengan produk UKM Kota Tangerang," ujarnya dalam acara Tangerang Expo di Tangerang City Convention Center, Rabu (27/2/2019).

Arief bertutur bahwa ia juga telah membuat surat edaran yang ditujukan kepada pengelola hotel maupun restoran untuk membuka konter UKM binaan Pemerintah Kota Tangerang.

"Kita bikin surat edaran untuk memiliki konter UKM. Mudah-mudahan masyarakat bisa aktif. Nanti Tokopedia dan Bukalapak juga kita kerjasama," tuturnya.

Menurutnya, semua itu dilakukan demi mendorong UKM di Kota Tangerang semakin menggeliat serta tumbuh dan berkembang, juga dapat meningkatkan perekonomian.

"Ya mudah-mudahan semakin baik lagi. Jadi makanya kita mau konsen di UKM, dimana masalah pengangguran dapat berjalan sendiri mandiri dari UKM," jelasnya.

Sementara itu, General Manager Corporate Communication Alfamart, Ivan Hermawan menyambut baik Perwal tentang produk UKM tersedia di ritel-ritel se-Kota Tangerang.

Ivan mengatakan bahwa produk UKM di Kota Tangerang diusahakan bisa tersedia di Alfamart. "Kalau produk UKM memang kita sedang proses, ini memang Insyaallah akan masuk semua. Jadi kita usahakan akan masuklah ke Alfamart," ucapnya.

Menurutnya, peraturan itu telah diimplementasikan lebih dulu oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Antara Pemerintah Kabupaten Lebak dengan Alfamart pun telah bekerjasama untuk menyediakan produk khas lokal ini.

"Kaya kemarin kita sebelumnya kan di Lebak kerjasama itu sudah kita jalankan, kita ada MoU nanti produk yang sesuai dengan aturan pemerintah," imbuhnya.

Ivan menambahkan, selagi produk-produk UKM memenuhi aturan berlaku seperti aturan waktu kadaluarsa dan izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) hingga kemasan terpenuhi, tidak masalah apabila masuk ke penjualan Alfamart.

"Kalau semua bisa terpenuhi oleh mereka bisa masuk ke kita, nanti kita sortir karena ada tim kita dan tim Dinas UKM ya, tidak masalah kita jalan," paparnya.

Sedangkan terkait persentase 15 persen produk yang harus masuk ke ritel, kata Ivan, pihaknya menyanggupi kuota tersebut.

"Kalau bicara presentase selama itu produknya bisa, kita akomodirlah," tukasnya.(MRI/RGI)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill