Connect With Us

Nilai Transaksi Turun, Tapi Pameran Tangerang Expo Diklaim Sukses

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 5 Maret 2019 | 17:46

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat menutup pameran Tangerang Expo 2019. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Event Tangerang Expo 2019 yang diselenggarakan pada 27 Februari hingga 3 Maret di Tangerang City Convention, Karawaci, Kota Tangerang telah berakhir.

Pameran besar-besaran yang menawarkan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) itu diklaim Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Bety Tjahyawati berlangsung sukses. Namun, kata dia, masih ada sejumlah kekurangan karena segala hal tiada yang sempurna.

Ia mengatakan, selama lima hari pelaksanaan Tangerang Expo 2019 bergulir pihaknya mencatat nilai transaksi hanya mencapai Rp739 juta.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Bety Tjahyawati.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Bety Tjahyawati.

Angka transaksi itu terbilang sederhana dibanding dengan pagelaran Tangerang Expo 2018 yang tembus hingga Rp3 miliar. Padahal waktu pelaksanaannya sama yakni lima hari.

"Target kami tentunya produk-produk UKM bisa diperjual dan diperkenalkan. Dan nilai transaksinya cukup bagus walaupun lebih tinggi tahun lalu," katanya kepada TangerangNews di kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang, Selasa (5/3/2019).

Menurutnya, jumlah pengunjung untuk Tangerang Expo ke-7 ini pula angkanya cukup fantastis, tidak kurang dari 6.419 orang. Sementara pada Tangerang Expo ke-6 jumlah pengunjungnya diperkirakan mencapai lebih dari 46.000 orang.

"Kita catatnya berdasarkan kupon yang dibagikan. Tapi data pengunjung tidak pasti karena ada beberapa pengunjung yang tidak mengambil kupon," ucap Bety.

Bety mengira minimnya angka transaksi dan jumlah pengunjung dengan perbandingan tahun ini dengan tahun lalu itu karena sejumlah alasan. Salah satunya lokasi yang berbeda.

Pada tahun ini Tangerang Expo 2019 digelar di Tangerang City Convention, Karawaci, Kota Tangerang. Seperti diketahui, gedung Tangerang City Convention merupakan gedung eks Mall Borobudur. Gedung itu telah direvitalisasi dan baru diresmikan bersamaan dengan pembukaan Tangerang Expo 2019. Dan lokasi gedung itu terbilang strategis namun tidak padat penduduk dan berdekatan dengan sejumlah toko ritel.

Sementara pada tahun lalu diselenggarakan di Lapangan Eks Terminal, Cibodas, Kota Tangerang. Lokasi eks terminal itu berada di pusat keramaian seperti pasar, ruko-ruko dan kawasan padat penduduk sehingga tak heran jika pengunjung banyak yang berdatangan.

"Jadi memang karena gedungnya baru ya," imbuhnya.

Bety menambahkan masih ada sejumlah kekurangan yang mesti dievaluasi sehingga pameran tahunan itu sesuai dengan harapan yaitu menjadi sarana promosi produk UKM kepada masyarakat dan meningkatkan perekonomian.

"Para pelaku UKM jangan berputus asa, terus berjuang agar bisa berdaya saing. Jangan sampai bosan dan merasa cukup. Jadi kita kalau ingin maju, kita tegakkan diri, kemudian berdiri lagi untuk produk kita," tukasnya.(RAZ/HRU)

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill