Connect With Us

Disdukcapil Dispensasi Urus Akta Lahir

| Selasa, 25 Mei 2010 | 21:49

kartu keluarga (tangerangnews / tangerangnews/dira)

TANGERANGNEWS-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), memberikan dispensasi untuk membuat akta kelahiran tanpa persyaratan surat penetapan Pengadilan Negeri (PN) bagi warga yang lahir di bawah tahun 2006.
 
Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Disdukcapil  Mulyanto menjelaskan, sebelumnya dalam peraturan UU No 23/2006 tentang administrasi kependudukan, pembuatan akta bagi warga berusia di atas satu tahun harus menjalani sidang di PN sebagai syarat mendapatkan akta.
 
“Kalau harus menjalani sidang biasanya rumit sekali. Jadi ini kesempatan untuk masyarakat yang belum mempunyai akta kelahiran untuk segera membuatnya karena ada dispensasi,” terangnya, Selasa (25/5).
 
Menurut Mulyanto, dispensasi itu dimaksudkan memberikan keringanan kepada warga agar tidak lagi melalui penetapan PN. “Dispensasi ini yang berlaku hingga Desember 2010. Kalau dispensasinya sudah dicabut, maka pembuatan akta kelahiran tetap harus melewati proses penetapan pengadilan dulu,” paparnya.(rangga)
 

KOTA TANGERANG
Ditinggal Liburan ke Dieng, Rumah Warga Pinang Dibobol Maling Gasak Harta Benda Senilai Rp478 Juta

Ditinggal Liburan ke Dieng, Rumah Warga Pinang Dibobol Maling Gasak Harta Benda Senilai Rp478 Juta

Selasa, 17 September 2024 | 00:41

Rumah warga di Jalan H Kuncin, RT06/006, Kelurahan Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, disatroni maling saat ditinggal berlibur. Pelaku menggasak harta benda total senilai Rp478 juta.

OPINI
Tirani Minoritas

Tirani Minoritas

Senin, 16 September 2024 | 08:27

Tirani minoritas adalah kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh kaum minoritas. Tentu saja tidak ada yang dapat melakukan kesewenang-wenangan kecuali adalah golongan elit atau sekelompok kecil ( minoritas) elit penguasa.

SPORT
Klasemen Sementara PON XXI Aceh-Sumut, Banten Terjun ke Posisi 11

Klasemen Sementara PON XXI Aceh-Sumut, Banten Terjun ke Posisi 11

Senin, 16 September 2024 | 07:02

Perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara kembali mengalami perubahan.

BANTEN
Yuk Cari Tahu, Simak Cara Akses Informasi Publik Bapenda Banten

Yuk Cari Tahu, Simak Cara Akses Informasi Publik Bapenda Banten

Senin, 16 September 2024 | 07:07

Masyarakat kini bisa lebih mudah mengakses informasi seputar Bapenda Banten, termasuk layanan terkait Samsat? Untuk mempermudah permohonan informasi, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten telah menyediakan mekanisme yang jelas.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill