Connect With Us

SIMASN Mudahkan Pelayanan Kepegawaian di Kota Tangerang

Advertorial | Rabu, 4 September 2019 | 15:55

Kasubid Data dan Informasi Aparatur BKPSDM Kota Tangerang Taufiq Hidayat mereview SIMASN melalui situs bkpsdm.tangerangkota.go.id. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com—Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) terus meningkatkan pelayanan untuk memudahkan layanan bagi para aparatur sipil negara (ASN).

Kepala BKPSDM Kota Tangerang Akhmad Lutfi mengatakan, pihaknya telah mengembangkan Sistem Informasi Kepegawaian Daerah (SIKDA) menjadi Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMASN).

"Pengembangan sistem ini merupakan upaya untuk memudahkan pelayanan agar terwujudnya layanan kepegawaian yang efisien dan efektif," ujarnya kepada TangerangNews di kantor BKPSDM Kota Tangerang, Rabu (4/9/2019).

Menurut Lutfi, penerapan SIMASN dapat meminimalisir penggunaan kertas. Kata dia, SIMASN yang mulai aktif sejak Agustus 2019 ini telah disosialisasikan ke seluruh unsur pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

"Kalau dulu tanpa sistem ini, pegawai mengurus administrasi kepegawaian sangat ribet karena harus membawa dokumen-dokumen. Sekarang, sangat mudah karena dokumennya sudah elektronik," jelasnya.

Kasubid Data dan Informasi Aparatur BKPSDM Kota Tangerang Taufiq Hidayat menjelaskan, SIMASN memberikan kemudahan pelayanan yang memanajemen seluruh administrasi kepegawaian bagi PNS maupun PPPK di lingkungan Kota Tangerang sesuai Undang-undang ASN No 5 Tahun 2014.

Pelayanan SIMASN berbasis website dan android via link; bkpsdm.tangerangkota.go.id dan aplikasi SIMASN. Para pegawai, kata dia, hanya tinggal mengakses media elektronik tersebut ketika ingin memproses seluruh pelayanan kepegawaian seperti absensi, hasil kinerja, diklat, kenaikan pangkat, mutasi jabatan, hingga informasi pensiun.

"Jadi, semua pelayanan kepegawaian sudah bisa diakses secara online," katanya.

Taufiq juga menerangkan, SIMASN telah terintegrasi dengan data kepegawaian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Sumber datanya sudah sinkron dengan BKN. Selain itu, sistem ini juga sudah terintegrasi dengan Dapodik untuk memudahkan pelayanan kepegawaian bagi tenaga pengajar," ucapnya.

Taufiq juga menambahkan, BKPSDM akan terus mengembangkan SIMASN yang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sehingga dapat memudahkan pelayanan administrasi kepegawaian di Kota Tangerang.

"Kedepannya sistem ini akan terintegrasi dengan instansi vertikal seperti pelayanan BPJS dan Taspen. Kami juga sedang fokus dengan pelayanan merit sistem," pungkasnya.(ADV)

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill