Connect With Us

Warga Cina Benteng Datangi Komnas HAM

| Jumat, 25 Juni 2010 | 17:04

Bentrok antara warga dengan Satpol PP. (tangerangnews / rangga)

 
TANGERANGNEWS-Warga Kampung Cina Benteng, Neglasari, Kota  Tangerang, berunjuk rasa di Kantor Komnas HAM, Jakarta, siang ini. Mereka meminta Komnas HAM untuk memfasilitasi pertemuan antara warga dan Pemerintah Kota Tangerang terkait rencana penggusuran di pinggiran Kali Cisadane.
 
“Melalui Komnas HAM, kami berharap bisa bertemu dengan Pemerintah Kota. Kami hanya mau menyampaikan keinginan kami untuk tidak digusur. Kami mau dilakukan penataan ulang,” terang Nata, salah seorang warga, di Jakarta, kemarin. Selain menolak penggusuran, warga Kampung Cina Benteng juga menolak relokasi.
 
Warga juga meminta agar Komnas HAM mendesak Pemerintah Kota Tangerang menunda pelaksanaan penggusuran.  Menanggapi kehendak warga, Wakil Ketua Komnas HAM Ridha Saleh menyatakan, bahwa pihaknya segera mengirimkan surat yang berisi permintaan penundaan penggusuran.
 
Bersama dengan surat tersebut, Komnas HAM pun meminta agar Pemerintah Kota Tangerang mengirimkan penjelasan tertulis terkait rencana penggusuran di kawasan Kali Cisadane.
 
Atas kasus penggusuran di Kampung Cina Benteng, Komnas HAM menyimpulkan pemerintah telah mengabaikan hak warga negara. “Wilayah yang mau digusur itu sesungguhnya secara hukum sah dimiliki oleh warga,” tegas Ridha.
 
Lewat pertimbangan tersebut, Komnas HAM sudah berkomitmen untuk terus memperhatikan perkembangan kebijakan di kawasan Kampung Cina Benteng. “Dalam kasus ini, Komnas HAM akan melakukan proses mediasi,” imbuh Ridha. Komnas HAM menyimpulkan bahwa solusi terbaik atas persoalan Kampung Cina Benteng adalah penataan ulang. (*mi/dira)

OPINI
Tirani Minoritas

Tirani Minoritas

Senin, 16 September 2024 | 08:27

Tirani minoritas adalah kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh kaum minoritas. Tentu saja tidak ada yang dapat melakukan kesewenang-wenangan kecuali adalah golongan elit atau sekelompok kecil ( minoritas) elit penguasa.

NASIONAL
Percepat Pemanfaatan Energi Terbarukan, PLN Kembangkan Hidrogen Hijau 

Percepat Pemanfaatan Energi Terbarukan, PLN Kembangkan Hidrogen Hijau 

Selasa, 17 September 2024 | 15:33

PT PLN (Persero) melalui subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) dan PLN Indonesia Power (PLN IP) melakukan penandatanganan Head of Terms (HoT) Perjanjian Pembelian Hidrogen Hijau dengan PT Pupuk Indonesia (Persero) dan ACWA Power l

TANGSEL
Culik dan Cabuli Bocah, Oknum Ojol di Tangsel Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Culik dan Cabuli Bocah, Oknum Ojol di Tangsel Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Rabu, 18 September 2024 | 16:04

Oknum pengemudi ojek online (ojol) berinisial MB, 49, yang menculik dan mencabuli bocah berinisial di Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), terancam hukuman 15 tahun penjara.

HIBURAN
Lirik Lagu Ruang Baru yang Jadi Soundtrack Film My Annoying Brother

Lirik Lagu Ruang Baru yang Jadi Soundtrack Film My Annoying Brother

Sabtu, 14 September 2024 | 13:11

Barsena Bestandhi kembali meramaikan industri musik Indonesia dengan merilis lagu terbarunya berjudul "Ruang Baru", yang sekaligus menjadi soundtrack film My Annoying Brother.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill