Connect With Us

Pembobol Mesin ATM di Tangerang Ditangkap Setelah Setahun Beraksi

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 22 November 2019 | 23:06

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim (ditengah) menunjukan barang bukti foto-foto dari Tersangka berinisial AF dan BI, pelaku pengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di restoran Pondok Arum, Kota Tangerang. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com—Jajaran Polres Metro Tangerang Kota menangkap spesialis pelaku pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Pelaku ditangkap setelah setahun melancarkan aksinya.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim mengatakan, kedua pelaku yang ditangkap adalah MS dan RR, warga Tangerang. Mereka beraksi di sebuah minimarket, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang pada September 2018

"Pelaku mengaku beraksi hanya sekali. Kami tangkap beberapa waktu yang lalu," ujarnya dalam jumpa pers di Mapolres Metro Tangerang Kota, Jumat (22/11/2019).

Abdul menyatakan, kedua pelaku masuk ke dalam minimarket layaknya pekerja yang hendak memperbaiki mesin ATM. Pelaku kemudian mencongkel brangkas mesin ATM menggunakan obeng.

"Pelaku seolah-olah masuk ke Alfamart mengaku sebagai petugas yang selalu melakukan perawatan mesin ATM. Sehingga Alfamart tidak curiga dengan pelaku," ungkapnya.

Baca Juga :

"Jadi, pelaku membuka brangkas dengan mengunakan kunci dummy. Di situ ada kaset warna hitam tempat untuk menyimpan uang. Hingga membuat mesin ATM di Alfamart merugi Rp68 juta," imbuhnya.

Menurut Abdul, kedua pelaku merupakan spesialis perawatan mesin ATM. Sebab, pelaku lama bekerja sebagai teknisi mesin ATM pada sebuah perusahaan bank swasta.

"Artinya mereka sudah paham karakter mesin ATM. Sudah berpengalaman. Sangat mudah bila membongkar mesinnya," katanya.

Abdul menuturkan, kedua pelaku mengaku baru sekali melancarkan aksinya. Ia menyebut, polisi berhasil meringkus kedua pelaku setahun kemudian setelah kejadian.

Ia pun mengimbau kepada pihak-pihak minimarket yang terdapat fasilitas mesin ATM untuk lebih waspada pada orang-orang yang mengaku sebagai petugas perbaikan mesin ATM. 

"Ini pembelajaran kepada masyarakat khususnya swalayan agar lebih hati-hati ketika orang yang mengaku sebagai maintenance. Harus lebih dicek lagi," pungkasnya.(RMI/HRU)

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

TEKNO
Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Senin, 22 April 2024 | 19:03

Saat ini RT/RW Net tengah ramai dipersoalkan. RT/RW Net diketahui sebagai seseorang atau kelompok masyarakat yang menggunakan jaringan internet ISP, kemudian jaringan tersebut didistribusikan kembali ke warga setempat, namun dengan tarif tertentu.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill