Connect With Us

Bus Line Tangerang Pilot Project Transportasi Intergrasi Daerah

| Selasa, 20 Juli 2010 | 10:33

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang Facthulhadi (tangerangnews / dira)


TANGERANGNEWS-Pembangunan transportasi massal Bus Line di Kota Tangerang dijadikan pilot project transportasi bagi wilayah penyangga DKI Jakarta. Untuk itu, baik pembangunan dan operasionalnya nanti adalah cermin untuk wilayah lain, seperti Bogor, Bekasi dan Depok. “Sebab, jadwal operasionalnya mengikuti Busway yang ada di DKI Jakarta,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang Facthulhadi, hari ini.
 
Facthulhadi menjelaskan, Bus Line ini adalah cikal bakalnya menjadi Busway. Karena infrastruktur jalannya  belum memadai di Kota Tangerang. Pihaknya terpaksa menjadikan jalan untuk transportasi itu bisa dilewati oleh kendaraan pribadi dan umum. Teknis operasional Bus Line sendiri nantinya, kata Facthulhadi, jalannya berada ditengah-tengah. “Berdasarkan pertimbangan, yang mengelola Bus Line nanti bukan kami (Dinas Perhubungan) tetapi ada operator yang akan ditunjuk, kami hanya sebagai pengawas nantinya,” ujarnya.
 
Selain itu, pihaknya juga tidak menyediakan halte bagi masyarakat yang ingin menaiki Bus Line di pinggir jalan. Nantinya, hanya akan dua lokasi naik dan turun penumpang, yakni di terminal Kali Deres dan di terminal Poris Plawad.  Bus line ini tidak akan berhenti, walau ada lampu merah, kecuali melintasi rel kereta api. “Ini untuk mencegah kemacetan dan memang sistem Bus Line ini adalah direct service. Bus line ini adalah pilot project daerah, jadi nantinya daerah lain tinggal mengikuti saja,”  tuturnya.
 
Kepala Sistem Bina Sistem Transportasi Dinas Perhubungan Kota Tangerang Agus Wibowo mengatakan, sasaran pengguna Bus Line adalah orang Tangerang yang kerja atau berpergian ke DKI Jakarta. Dalam survey yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Tangerang, jumlah orang yang beraktifitas ke DKI Jakarta perhari sekitar 1.500 orang. “Sebab bus line ini angkutan massal yang terintegrasi, bisa langsung naik ke Busway,” jelasnya.
 
Dinas Perhubungan pun telah mempersiapkan rencana terkait isu maraknya pelecehan seksual pada penumpang Busway di Jakarta. Kedepan, penumpang wanita dan laki-laki akan terpisah. “Penumpang lelaki lewat pintu belakang, sedangkan yang wanita lewat pintu depan. Di dalam busnya akan dibatasi antara penumpang wanita dan laki-laki, dengan maksimal penumpang sebanyak 80 penumpang,” tuturnya. Meski pengoperasiannya dilakukan operator yang nanti akan ditunjuk secara profesional, bagian tiket akan ditugaskan dari Dinas Perhubungan Kota Tangerang. Sebab, meski masih dalam berorientasi sosial, provitnya pun harus tetap dijaga untuk menjaga kualitas angkutan.
 
Harga tiket pada Bus line masih dalam pembahasan, namun Agus menyatakan, berdasarkan hitungan ongkos angkutan umum biayanya sekitar Rp2.500-Rp3.000. Ditanya rencana kapan akan beroperasi secara resmi. Dirinya mengatakan, sampai saat ini Departemen Perhubungan Darat masih melakukan tender untuk pembelian 25 unit B us Line untuk Kota Tangerang.”Paling cepat sih Oktober, sedangkan paling lambat akhir tahun ini. Memang agak lama karena kami membutuhkan waktu agar pelayanannya berstandar pelayanan Busway di DKI Jakarta,” tandasnya. (dira)
PROPERTI
Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Minggu, 1 September 2024 | 11:54

PT Purinusa Jayakusuma, pengembang Aryana Karawaci Tangerang, merespon positif langkah pemerintah yang memperpanjang insentif 100% Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP).

OPINI
Duka Generasi dalam Naungan Sistem Pendidikan Kapitalistik

Duka Generasi dalam Naungan Sistem Pendidikan Kapitalistik

Sabtu, 7 September 2024 | 21:28

Potret buram wajah pendidikan di negeri ini masih saja menjadi sajian media massa. Sebagaimana baru-baru ini diberitakan (Kompas.tv/25-07-2024) bahwa Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah, di Desa Bojongloa, Tangerang, Banten

AYO! TANGERANG CERDAS
Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Senin, 26 Agustus 2024 | 13:08

Bosan dengan sosialisasi yang kaku? KPU Kota Tangerang bikin acara Pilkada jadi seru banget. Sabtu kemarin, 24 Agustus 2024 mereka ngadain acara KPU Goes to School di SMAN 8 Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill