Connect With Us

Kota Tangerang Kalah dengan Lebak Soal Fasilitas Perpustakaan

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 29 Januari 2020 | 15:39

Tampak siswa sedang membaca buku di mobil perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang dalam pagelaran Festival Cisadane 2019. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com–Upaya Kota Tangerang memberdayakan dan mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan ternyata masih belum maksimal. Pasalnya pembangunan fasilitas perpustakaan daerahnya masih dikesampingkan. 

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang Endang Purwaningsih mengatakan, dalam peringkat perpustakaan, Kota Tangerang saat ini menduduki peringkat kelima dari delapan kota/kabupaten se-Provinsi Banten. Maka, tak heran bila literasi masyarakat rendah.

"Ya, kita kelima dalam peringkat perpustakaan se-Banten. Artinya, kita kalah dengan Kabupaten Lebak," ujarnya kepada TangerangNews, Rabu (29/1/2020).

Ia mengatakan, minimnya ketersediaan fasilitas seperti gedung, sarana dan prasarana perpustakaan membuat Kota Tangerang berada di tingkat rendah.

Saat ini, Kota Tangerang baru memiliki 4 perpustakaan mini, 4 mobil perpustakaan keliling, 13 perpustakaan kecamatan, 65 perpustakaan masyarakat, dan 1 pengembangan kampung baca.

Namun, menurut Endang, bila merujuk peraturan Kepala Perpustakaan No 9/2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan, fasilitas perpustakaan daerah Kota Tangerang saat ini belum memenuhi standar.

Sebab dalam peraturan itu disebutkan bahwa perpustakaan daerah harus memiliki luas bangunan gedung perpustakaan paling sedikit 3.000 m2 serta memenuhi standar konstruksi dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. 

“Fasilitas kami masih kurang. Tapi tetap terus kita dorong dengan program Tangerang Corner dan Kampung Baca,” kata Endang.

Sementara itu, Kepala SMAN 10 Tangerang Ninin Nirawaty mengaku,  para siswanya merasa kesulitan ketika hendak mencari referensi-referensi buku bacaan terutama non mata pelajaran di Kota Tangerang.

“Assessment tes anak sekolah butuh referensi yang banyak sehingga diharapkan perpustakaan di Kota Tangerang bisa memberikan referensi,” jelasnya.

Menurut dia, ketersediaan fasilitas perpustakaan di Kota Tangerang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.

“Kalau ada fasilitas perpustakaan, kan, tentunya siswa kami tak perlu mencari bahan bacaan ke mal. Daripada ke mal, ya mending ke perpus daerah,” pungkasnya. (RAZ/RAC)

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill