Connect With Us

Rapat Nasional Soal Banjir, Arief: Saya Minta Kewenangan

Advertorial | Selasa, 3 Maret 2020 | 13:16

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah saat menyampaikan penanganan banjir dalam rapat di gedung BNPB, Jakarta Timur. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com–Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah turut serta dalam focus group discussion (FGD) penanganan bencana banjir wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten di gedung BNPB, Jakarta Timur. 

Dalam rapat yang digelar pada Senin (2/3/2020) tersebut, Arief menyampaikan bencana banjir memerlukan penanganan dan solusi yang menyeluruh tak hanya dari pemerintah daerah namun juga pusat.

Ia menyebut keterbatasan kewenangan Pemerintah Kota Tangerang dalam melakukan penanganan banjir menjadi persoalan. 

"Saya minta kewenangan, karena kewenangan ini terpecah-pecah dan terbagi-bagi ada kewenangan pemerintah provinsi," ujarnya, Selasa (3/3/2020). 

Arief ingin pihaknya diberikan keleluasaan dalam menanggulangi sungai-sungai atau danau yang menjadi aset provinsi ataupun pusat. 

"Seperti normalisasi situ Bulakan itu aset punya provinsi, kewenangan yang punya provinsi sama pusat. Kita nggak bisa apa-apa," imbuh Arief. 

Arief bahkan sudah melakukan pengajuan pengerukan Sungai Cisadane sepanjang 12 kilometer agar sedimentasi yang terjadi tidak semakin parah.

Selain itu, Arief pun berharap melalui FGD ini, kedepan akan ada terobosan-terobosan hukum dan forum ini nantinya bisa menegaskan bahwa ada hal-hal penting bagi pemerintah daerah untuk bisa melakukan penanganan lebih cepat.

"Hal seperti itu saya bilang kemarin ke forum ke Kepala BNPB pusat Pak Doni bahwa tagline ini tanggungjawab bersama, ya kewenangan juga harus diberikan. Jangan sampai pemerintahan daerah hanya bisa evakuasi tapi nggak bisa lakukan langkah-langkah antisipasi," pungkasnya.(ADV)

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill