Connect With Us

Cegah Covid-19, Rupbasan Pangkalpinang Disemprot Disinfektan

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 22 Maret 2020 | 15:38

Petugas PMI melakukan penyemprotan disinfektan di Rupbasan Pangkalpinang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-PMI menyambangi Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Pangkalpinang, Bangka Belitung untuk menyemprotkan desinfektan di ruang pelayanan dan ruang pegawai pada Sabtu (21/3/2020).

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Kemenkumham Wilayah Bangka Belitung.

Kegiatan yang dipantau langsung Ketua PMI Bangka Belitung Abdul Fatah dan Kepala Rupbasan Andri Ferly ini, dilakukan diseluruh ruangan kantor kecuali gudang penyimpanan barang sitaan. Pasalnya, gudang tersebut telah dilindungi oleh ada zat kimia lain dan dikhawatirkan menimbulkan reaksi kimia yang tidak diinginkan.

“Hanya ruang perkantoran yang disemprot. Tapi selain itu kami sudah menghimbau pemakaian masker dan budaya mencuci tangan di tempat yang disediakan sebelum masuk ruangan. Berlaku juga untuk para stakeholder yang berkunjung ke Rupbasan dalam rangka kedinasan," ucap Karupbasan Andri Ferly.

Petugas PMI melakukan penyemprotan disinfektan di Rupbasan Pangkalpinang.

Penyemprotan disinfektan ini diketahui merupakan langkah preventif Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder.

Selain penyemprotan disinfektan, Rupbasan Pangkalpinang akan memberlakukan sistem kerja work from home (WFH) atau bekerja dari rumah untuk sebagian pegawainya. Hal ini, kata Andri Ferly, akan dimulai pada Senin (23/3/2020).

"Sistem WFH akan dioptimalkan para Senin besok sampai waktu yang belum ditentukan. Sehingga yang berjaga dalam pelaksanaan tugas harian di Rupbasan adalah Kepala Rupbasan, Kasubsie Minla (Administrasi & Pengelolaan), para petugas keamanan serta staf yang mendapat jadwal piket saja," ujar mantan pejabat Lapas Kota Tangerang tersebut.

Petugas PMI melakukan foto bersama dengan Kepala Rupbasan Andri Ferly.

Sementara Ketua PMI Bangka Belitung Abdul Fatah memaparkan masyarakat dapat melakukan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri tidak, sehingga harus bergantung kepada pemerintah atau Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang telah terbentuk.

“Caranya, dengan menggunakan cairan pemutih (bleaching), pembersih lantai ataupun karbol yang dicampurkan dengan air dengan komposisi yang ideal,” ujarnya.

Komposisi ideal diuraikannya, yakni 1 liter cairan pembersih dicampurkan dengan 10 liter air. Atau 1 tutup botol cairan pembersih untuk 5 liter air. Sementara karbol memiliki perbandingan 2 sendok makan per 1 liter air.

"Lakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah dan lingkungan kerja, sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 secara mandiri, sehingga tempat kita kerja dan tempat berkumpul aman serta terhindar dari bahaya penyebaran Covid-19," pria yang juga menjabat Wakil Gubernur Bangka Belitung ini. (RAZ/RAC)

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill