Connect With Us

Pakar Kesehatan : Kinerja Dinkes Kota Tangerang Tangani COVID-19 Lamban

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 27 April 2020 | 16:50

Pakar kesehatan dr Handrawan Nadesul. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com–Jumlah penderita virus corona atau COVID-19 di Kota Tangerang terus bertambah. Kinerja Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang pun dinilai lamban.

Pakar dan penulis soal kesehatan, dr Handrawan Nadesul menyoroti soal penanganan contact tracing oleh Dinkes Kota Tangerang terhadap warga dengan penderita kasus corona. 

Menurutnya, warga yang kontak dengan penderita positif COVID-19 harus diberikan penanganan serius karena potensi penularan oleh mereka sangat tinggi. 

"Harusnya warga yang kontak itu dipantau serius Dinkes terutama Puskesmas," ujarnya kepada TangerangNews, Senin (27/4/2020). 

Mereka yang berpotensi tertular akibat kasus positif corona adalah keluarga, kerabat, dan seluruh orang terdekatnya.

Selama ini, Dinkes hanya melakukan penanganan bagi penderita positif corona. Sedangkan warga yang berkontak langsung dengan penderita positif corona tidak mendapat perhatian khusus. Sehingga, tak heran jika angka penderita virus corona terus merangkak naik. 

Motivator kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya Jakarta ini beranggapan bahwa petugas Dinkes Kota Tangerang harus melakukan pemantauan setiap hari bagi warga yang kontak dengan penderita positif corona. 

"Jangankan orang rumah, orang-orang yang bertemu dengan pasien positif harus ditelusuri. Intinya Puskesmas harus aktif," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Liza Puspadewi tak menanggapi saat dikonfirmasi TangerangNews mengenai hal ini. 

Berdasarkan situs https://maps.tangerangkota.go.id/corona/, jumlah pasien positif corona di Kota Tangerang 143 orang. Pasien meninggal 17 orang. Pasien sembuh 35 orang. PDP 579 orang. ODP 1.819 orang. OTG 380 orang.(RMI/HRU)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TEKNO
Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Senin, 22 April 2024 | 19:03

Saat ini RT/RW Net tengah ramai dipersoalkan. RT/RW Net diketahui sebagai seseorang atau kelompok masyarakat yang menggunakan jaringan internet ISP, kemudian jaringan tersebut didistribusikan kembali ke warga setempat, namun dengan tarif tertentu.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill