Connect With Us

Hore, UMKM Terdampak COVID-19 di Kota Tagerang Bakal Diguyur Stimulus

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 6 Juli 2020 | 10:41

| Dibaca : 4136

Ilustrasi UMKM. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 sangat memukul perokonomian. Banyak sektor usaha yang terkena dampak, tak terkecuali kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang, jumlah UMKM di kota seribu jasa tersebut ada sebanyak 13.368. 

Dari jumlah itu, telah terdata sekitar 500 sampai 600 UMKM yang operasional bisnisnya terdampak wabah COVID-19 dan terancam gukung tikar.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berupaya memulihkan perekonomian UMKM dengan memberikan stimulus.

“Stimulus itu berupa memfasilitasi akses permodalan, memfasilitasi pelaku UMKM dengan marketplace, melakukan pelatihan daring (online) dan pendampingan pelaku UMKM,” kata Kepala Dinkop UKM Kota Tangerang Teddy Bayu Putra, seperti dilansir dari Berita satu, Minggu (5/7/2020).

Teddy Berharap stimulus tersebut bisa mendorong kalangan pelaku UMKM tetap bertahan di tengah himpitan pandemi.

Kepala Bidang UKM Kota Tangerang Katrina Iswandari menjelaskan puhaknya saat ini tengah mendata para pelaku UMKM di Kota Tangerang. Data ini untuk validasi serta rencana penyaluran dana stimulus.

"Ditargetkan bulan Juli 2020 data sudah terkumpul. Kami juga menyiapkan aplikasi berbasis digital untuk memudahkan pendataan, berkoordinasi dengan Dinas Kominfo," jelas Katrina.

Berdasarkan data, hingga kini sudah ada 302 pelaku UMKM yang diberikan pelatihan, termasuk pelatihan pemasaran dengan metode daring. Selanjutnya, mereka akan dievaluasi dan diawasi, sehingga materi yang diberikan bisa dipraktekan.

“Sebagai modal awal, mereka diberikan peralatan komputer untuk memasarkan produk yang dihasilkannya," jelas Katrina. (RAZ/RAC)

WISATA
Menikmati Rasa Roti Gambang Seperti Bernostalgia di Tangerang 

Menikmati Rasa Roti Gambang Seperti Bernostalgia di Tangerang 

Sabtu, 19 Juni 2021 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Roti Gambang yang merupakan makanan khas Betawi ini, ternyata popular di Tangerang

TEKNO
Tamagotchi, Mainan Tahun 90-an Kembali Hadir Dalam Bentuk Smartwatch

Tamagotchi, Mainan Tahun 90-an Kembali Hadir Dalam Bentuk Smartwatch

Minggu, 20 Juni 2021 | 11:38

TANGERANGNEWS.com-Tamagotchi, salah satu game konsol hewan peliharaan digital yang sempat populer tahun 90-an kembali hadir. Bandai Namco, perusahaan induk Tamagotchi telah berhasil menjual lebih

KOTA TANGERANG
Masuk Zona Merah, Masyarakat Kota Tangerang Diminta Ibadah di Rumah

Masuk Zona Merah, Masyarakat Kota Tangerang Diminta Ibadah di Rumah

Jumat, 25 Juni 2021 | 10:33

TANGERANGNEWS.com-Meningkatknya angka kasus positif COVID-19 di sejumlah daerah berdampak pada penyesuaian sejumlah aturan dan kebijakan yang ditempuh oleh kepala daerah

BANDARA
AP II Punya AICC Pantau Operasional Bandara Soetta Secara Online, Ini Kelebihannya

AP II Punya AICC Pantau Operasional Bandara Soetta Secara Online, Ini Kelebihannya

Rabu, 23 Juni 2021 | 13:39

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (Persero) telah mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta)

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab