Connect With Us

Deteksi Cluster Baru COVID-19, Ini Cara Dinkes Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 9 Juli 2020 | 17:32

Camat Tangerang Zuldin sedang mengikuti swab test di kantor Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. (TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)



TANGERANGNEWS.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang terjun ke kecamatan-kecamatan untuk melakukan swab test bagi pegawai, Kamis (9/7/2020).

Hari ini, para petugas medis menyambangi kantor Kecamatan Tangerang, Batuceper, dan Benda. Mereka ingin mengecek kondisi kesehatan pegawai dijajaran Pemkot Tangerang, juga mencari cluster penularan baru COVID-19.

Kepala Dinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan pelonggaran PSBB saat ini memungkinkan terjadinya peningkatan kasus COVID-19.

Sehingga, kata dia, Dinkes pun melakukan tracing secara masif di lingkungan masyarakat maupun pegawai pemerintah.

"Target kita 13 Kecamatan dengan total 1.200 swab test. Di tiga Kecamatan ini ada sekitar 240 yang di-swab test," jelasnya.

Hasil swab test, kata Liza akan diketahui sepekan ke depan. "Kita cek di Litbangkes karena banyak, tapi untuk hasilnya kita usahakan kurang dari satu minggu," imbunya.

Sejauh ini Dinkes juga tengah gencar dalam menekan angka penularan COVID-19. Salah satunya yakni dengan gencar melakukan rapid tes di lokasi rawan penularan, seperti pasar.

"Dilakukan tracing sebanyak-banyaknya, salah satunya untuk mencari sumber (cluster) penularan yang baru," ungkapnya.

Pengadaan swab test bagi masyarakat kata Liza juga dilakukan Dinkes. Namun, swab tes hanya diperuntukan bagi masyarakat yang rentan tertular COVID-19, seperti ibu hamil dan masyarakat yang memiliki penyakit bawaan.

"Puskesmas yang menjaring, misalnya lansia, penderita penyakit tidak menular, TBC, orang yang beresiko tinggi, seperti ibu hamil," pungkasnya.(RMI/HRU)

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill