Connect With Us

4.044 Kendaraan Terjaring Operasi Patuh Jaya di Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 5 Agustus 2020 | 20:53

Polisi saat menilang pengendara sepeda motor karena tidak melengkapi perlengkapan kendaraannya seperti tidak memakai helm. (TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com–Satlantas Polres Metro Tangerang Kota telah menggelar Operasi Patuh Jaya 2020. Selama razia yang berlangsung sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 tersebut petugas menindak sedikitnya 4.044 kendaraan.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Jamal Alam mengatakan jumlah tersebut terbagi dalam dua tindakan yakni teguran lisan dan tilang. Selama operasi, pihaknya menilang 1.169 pengendara. Sementara teguran lisan sebanyak 2.875 pengendara.

"Alhamdulilah Operasi Patuh Jaya sudah selesai. Selama dua minggu kami telah menindak ribuan kendaraan. Tapi tidak semua kami tindak, banyak yang kami berikan teguran dan edukasi terkait tata tertib berkendara," ujarnya, Rabu, (5/8/2020).

Dia mengatakan tindakan tegas berupa penilangan yang diberikan kepada pengendara memang yang bersifat membahayakan keselamatan.

Seperti tidak memakai helm, menggunakan telepon genggam saat berkendara dan melawan arus. Sedangkan, teguran lisan diberikan kepada pengendara seperti menggunakan helm namun tidak diklik.

Berdasarkan kategori pelanggaran, pemotor tidak mengenakan helm pelanggar terbanyak, yaitu 334 pelanggar.

Disusul, pengendara melawan arus sebanyak 217 pelanggar, berhenti di Stop Line 189 pelanggar, melanggar rambu dan marka 141. Kemudian, menggunakan telepon genggam saat berkendara sebanyak 150 pelanggar.

"Paling banyak yang kami tilang pengendara yang tidak pakai helm. Memang perlu kesadaran dari pengendara akan pentingnya pake helm," paparnya. 

Dia berharap, meski Operasi Patuh Jaya telah selesai, namun masyarakat tetap mematuhi tata tertib berlalu lintas. Tingkat kesadaran masyarakat terkait keselamatan berlalu lintas harus semakin meningkat.

"Tertib berlalu lintas di jalan merupakan tanggung jawab bersama. Disiplin berlalu lintas berarti pengendara telah menyelematkan diri dan pengguna jalan yang lain. Semoga Tangerang Kota menjadi contoh tertib berlalu lintas yang baik," pungkasnya.(RMI/HRU)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill