Connect With Us

Begini Transformasi UNIS Tangerang di Era Digital

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 19 Agustus 2020 | 20:40

| Dibaca : 342

Rektor UNIS Tangerang Mustofa Kamil. (TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com–Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang menggelar webinar bertema Transformasi Ilmu Dalam Era Digital, Rabu (19/8/2020). 

Adapun narasumber utama seminar tersebut adalah Rektor UNIS Tangerang Mustofa Kamil. Dia mengungkap strategi UNIS dalam merealisasikan sistem pembelajaran daring. 

Menurutnya, 90 persen aktivitas kegiatan belajar-mengajar maupun pelayanan UNIS Tangerang dilakukan secara daring. Hal ini, kata dia, bukan semata-mata karena pandemi COVID-19. 

"Tapi memang karena perubahan terknologi digitalisasi yang semakin berkembang," ujarnya. 

Tak dipungkiri, menurutnya, setiap kampus harus bertransformasi menerapkan digitalisasi. Sebab, jika tidak kampus akan tertinggal. 

"Nah, UNIS banyak melakukan transformasi ilmu, salah satunya mengembangkan kurikulum digital," katanya. 

Mustofa menjelaskan UNIS telah menerapkan sistem digital, yakni dengan program e-learning, e-library, pembayaran digital, dan sistem evaluasi daring. 

"Bahkan ujian tesis, skripsi, UAS secara daring. Semua disiapkan dalam konteks transformasi ilmu," jelasnya. 

Tak hanya pembelajaran daring, UNIS juga menyelenggarakan sistem pembelajaran secara luring untuk mahasiswa yang memiliki kendala gawai atau internet. 

"Yang ini kami namakan Mix yaitu luring dan daring. Jadi, luring ini untuk mahasiswa yang tidak punya kuota. Dengan terbatas, mahasiswa boleh ke kampus untuk mengambil tugas," tuturnya.

"Ada juga sistem belajar Hybrid. Jadi, mereka mendiskusikan persoalan kampus tapi nantinya disampaikan secara daring," imbuhnya. 

Meskipun sudah 90 persen dilakukan secara daring, kata Mustofa, tak seluruhnya mahasiswa tertarik dengan pembelajaran daring. Berdasarkan evaluasinya, mahasiswa disebut mengalami kejenuhan karena sistem daring. 

"Evaluasinya hampir rata-rata mereka tidak senang daring. Karena tidak bertemu dengan dosen. Inilah kebiasaan yang harus diubah," katanya. 

Dia menambahkan UNIS akan selalu mengembangkan sistem digitalisasi. Karena itu, dia mendorong para dosen untuk menguasai teknologi informasi.(RMI/HRU)

BANTEN
WOM Finance Bagikan Bingkisan Ramadan ke Janda & Dhuafa

WOM Finance Bagikan Bingkisan Ramadan ke Janda & Dhuafa

Minggu, 9 Mei 2021 | 15:07

TANGERANGNEWS.com-Ramadan di tengah pandemi COVID-19 untuk kali kedua tak melunturkan semangat berbagi dan peduli kepada sesama. Hal tersebut yang dilakukan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance)

PROPERTI
Sinar Mas Land Berikan Hadiah Spesial Ketupat Lebaran bagi Pembeli Properti

Sinar Mas Land Berikan Hadiah Spesial Ketupat Lebaran bagi Pembeli Properti

Selasa, 4 Mei 2021 | 20:29

TANGERANGNEWS.com– Sebentar lagi umat Islam akan merayakan hari kemenangan Idulfitri setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa Ramadan

KOTA TANGERANG
Diduga Peluru Nyasar Ditemukan di Kompleks Pondok Surya Tangerang

Diduga Peluru Nyasar Ditemukan di Kompleks Pondok Surya Tangerang

Rabu, 12 Mei 2021 | 22:18

TANGERANGNEWS.com-Warga Perumahan Pondok Surya, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang dikejutkan dengan penemuan sebutir peluru pada Senin (10/5/2021) dini hari.

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab