Connect With Us

Napi Narkoba Kabur dari Lapas Tangerang, Ini Jejak Rekam Kasusnya

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 18 September 2020 | 20:00

| Dibaca : 6723

Potret Cai Changpan alias Cai Ji Fan, napi yang berhasil kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com–Cai Changpan alias Cai Ji Fan berhasil kabur dari Lapas Kelas I Tangerang pada Senin (14/9/2020). Napi ini kabur diduga melalui jalur tikus dengan cara menggali lubang yang terhubung dengan gorong-gorong. 

Pria berusia 53 tahun ini dipenjara karena terlibat kasus narkoba. Warga negara China ini divonis hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi (PT) Banten karena terbukti menyelundupkan dan mengedarkan 110 kg sabu di Banten.

Kasusnya berawal ketika aparat mengungkap peredaran 20 kg sabu dan menangkap Cai Ji Fan pada Oktober 2016. Aparat kepolisian lalu menyasar sebuah pabrik ban vulkanisir di Kabupaten Lebak.

Ketika menggeledah pabrik itu, polisi mendapati lima pompa yang mencurigakan. Setelah dibongkar, dua di antaranya berisi sabu sebesar 90 kg. Sehingga dari penangkapan ini total berat sabu yang disita aparat seberat 110 kg.

Cai Ji Fan pun menjalani persidangan. Pada 19 Juli 2017, Pengadilan Negeri (PN) Tangerang menjatuhkan hukuman mati kepada Cai Ji Fan. Mendapati vonis mati, Cai Ji Fan mengajukan banding tapi sia-sia.

Lalu, pada Jumat (18/9/2020), kabar tentang Cai Ji Fan viral di media massa. Dia kabur dari Lapas Kelas I Tangerang pada Senin (14/9/2020) diduga melalui gorong-gorong. 

Kementerian Hukum dan HAM saat ini masih menyelidiki kasus kaburnya Cai Ji Fan. "Ya, benar. Memang ada napi yang kabur," ujar Kalapas Kelas I Tangerang Jumadi, Jumat (18/9/2020).

Jumadi menegaskan kaburnya napi ini tidak  melibatkan sipir atau petugas lapas. "Sejauh ini saya memastikan tidak ada dugaan sipir yang ikut. Jadi saya pastikan tidak ada petugas yang terlibat," jelas Jumadi.(RMI/HRU)

OPINI
Sekolah Ditarik Pajak, Konsep Pendidikan yang Dipertanyakan

Sekolah Ditarik Pajak, Konsep Pendidikan yang Dipertanyakan

Jumat, 24 September 2021 | 09:34

TANGERANGNEWS.com-Oleh: Rut Sri Wahyuningsih. Institut Literasi dan Peradaban Pemerintah tengah mengajukan pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap jasa pendidikan sebesar 7%. Agenda tersebut tertuang dalam Rancangan Undang-Undang (RUU)

KAB. TANGERANG
Satgas: Selama PTM di Kabupaten Tangerang Tak Ada Klaster Baru

Satgas: Selama PTM di Kabupaten Tangerang Tak Ada Klaster Baru

Jumat, 24 September 2021 | 17:17

TANGERANGNEWS.com- Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang mengklaim selama beberapa pekan digelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Tangerang tidak ditemukan kasus penyebaran Covid-19

WISATA
Wisata Edukasi Lalu Lintas di Kampung Talas Kota Tangerang

Wisata Edukasi Lalu Lintas di Kampung Talas Kota Tangerang

Kamis, 16 September 2021 | 17:21

TANGERANGNEWS.com-KMelihatampung Talas yang terletak di Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, merupakan kampung yang sangat unik

SPORT
Ditaklukkan Bali United, Pelatih Persita: Kecewa tapi Kompetisi Masih Panjang

Ditaklukkan Bali United, Pelatih Persita: Kecewa tapi Kompetisi Masih Panjang

Jumat, 24 September 2021 | 19:39

TANGERANGNEWS.com- Kekalahan Persita Tangerang dalam laga lanjutan Liga 1 2021melawan Bali United pada Jumat sore 24 September 2021, membawa kekecewaan bagi Pelatih Kepala Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin