Connect With Us

Inovasi UNIS Tangerang saat Pandemi Diapresiasi Kemendikbud

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 22 September 2020 | 16:40

| Dibaca : 501

Para pengurus UNIS Tangerang saat menggelar acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNIS secara virtual, Selasa (22/9/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengapresiasi Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang terkait tata kelola yang baik sehingga menjadi kampus pilihan masyarakat dan kepercayaan bagi pemerintah.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 4 Jawa Barat-Banten Uman Suherman mengatakan UNIS Tangerang memiliki sejumlah Prodi yang baik dan ditunjang dengan jumlah mahasiswa yang banyak.

Meski di tengah pandemi dan semua perguruan tinggi baik negeri dan swasta mengalami penurunan penerimaan mahasiswa baru. Tetapi UNIS mampu melakukan terobosan dan inovasi dalam sistem pembelajaran sehingga memiliki mahasiswa baru dalam jumlah banyak.

"Namun demikian, pihak Kampus jangan merasa puas. Karena tantangan ke depan begitu besar di tengah pandemi yang masih terjadi dalam membentuk mahasiswa yang memiliki karakter dan keterampilan," ujarnya dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNIS secara virtual, Selasa (22/9/2020)

Kepada mahasiwa, Uman mengingatkan agar jangan merasa puas dengan status yang ada tetapi harus memiliki tanggung jawab kepada diri sendiri, orang tua dan bangsa.

Ia menyeru mahasiswa memunculkan gairah dan kecintaan kepada kampus. Hal ini akan berdampak terhadap tumbuhnya kreatifitas. 

"Kita tak hanya sekedar mengejar IPK tetapi juga memiliki tanggung jawab kepada masyarakat atas kontribusi kita kedepan," ujarnya.

Rektor UNIS Tangerang Prof Mustofa Kamil mengatakan UNIS Tangerang telah menerapkan sistem belajar secara daring (online) sejak pandemi terjadi bulan Maret lalu.

Penerapan sistem daring ini didukung dengan perangkat yang memadai untuk memudahkan para dosen dan mahasiswa berkomunikasi. 

"Meski online, kita tetap melakukan pembentukan karakter mahasiswa karena pembelajaran ini dilakukan secara profesional," paparnya.

Diakui Rektor, sistem belajar secara daring berbeda dengan tatap muka. Namun, kepercayaan warga dan pemerintah dalam menciptakan lulusan mahasiswa yang berkualitas, maka semua dilakukan secara maksimal.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Yayasan Islam Syekh Yusuf, Hudaya Latuconsina, ia mengajak para mahasiswa untuk menjadi agen perubahan dunia.

“Karena, mahasiswa tak hanya pada sistem belajar saja tetapi dilakukan pembentukan karakter, kesanggupan literasi, menciptakan daya kritis dan kreatif serta mampu menjalin kolaborasi melalui komunikasi yang baik,” jelas Hudaya.

Sementara itu, Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) diikuti ribuan calon mahasiswa baru. Di antaranya adalah Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo dan Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail sebagai mahasiswa program pascasarjana UNIS. (RMI/RAC)

BANDARA
Menhub Minta Petugas Bandara Soetta Jangan Lengah Periksa Izin Terbang Penumpang

Menhub Minta Petugas Bandara Soetta Jangan Lengah Periksa Izin Terbang Penumpang

Selasa, 11 Mei 2021 | 13:07

TANGERANGNEWS.com-Menjelang lebaran, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, memantau langsung aktifitas Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Selasa (11/5/2021)

BISNIS
4 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

4 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

Senin, 10 Mei 2021 | 09:29

TANGERANGNEWS.com-Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Hampers menjadi salah satu tradisi yang harus ada. Biasanya hampers berisi kue kering atau makanan yang dikirimkan untuk orang-orang tersayang

TOKOH
Ustaz Tengku Zulkarnain & Sapri Meninggal

Ustaz Tengku Zulkarnain & Sapri Meninggal

Senin, 10 Mei 2021 | 23:02

TANGERANGNEWS.com-Kabar duka datang dari Ustaz Tengku Zulkarnain. Ustaz berdarah Melayu Deli itu meninggal dunia setelah terpapar COVID-19

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab