Connect With Us

Badan Standardisasi Nasional Apresiasi Labkesda Kota Tangerang

Advertorial | Kamis, 5 November 2020 | 19:12

| Dibaca : 249

Tampak depan UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com–Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan apresiasi kepada UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang untuk Kategori Lembaga Penilaian Kesesuaian pada Bulan Mutu Nasional yang dilaksanakan pada Rabu (4/11/2020).

Kepala Labkesda Kota Tangerang dr. Lulik Sri Adarini mengatakan, diberikannya penghargaan tersebut karena Labkesda Kota Tangerang telah berkontribusi positif dalam penanganan COVID-19. 

"Apresiasi ini diberikan karena kami masuk dalam kategori yang diberikan BSN. Seperti, kontribusi positif dalam penanganan Covid-19, komitmen dalam penerapan SNI dan fasilitas serta perlengkapan yang memadai dengan dukungan 15 analis," ujarnya, Kamis, (5/11/2020)

Sampai saat ini, Labkesda Kota Tangerang telah melakukan pemeriksaan lebih dari 20 ribu sampel. Dengan kapasitas 300-350 sampel setiap harinya.

Tampak ruangan Laboratorium di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang.

"Dengan perlengkapan yang ada seperti biosafety level dua, dua ekstraktor, tiga Polymerase Chain Reaction (PCR), Laminar Air Flow (LAF) dan Master Mix. Kami juga bisa melayani pemeriksaan pasien hingga 350 jiwa disetiap harinya," jelas Lulik.

Labkesda yang telah berdiri sejak tahun 2017 ini turut melayani pemeriksaan swab secara gratis bagi warga Kota Tangerang yang dirujuk dari rumah sakit atau Puskesmas.

Tampak ruangan Laboratorium di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang.

"Tes swab di kami (labkesda) gratis. Namun, harus memiliki surat rujukan dulu baru bisa, karena kami tidak melayani secara individu,” pungkasnya.

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno menambahkan, selain dari kesigapan sumber daya manusia dan fasilitas yang mumpuni. Labkesda Kota Tangerang juga memiliki komitmen besar untuk turut berperan dalam mengatasi pandemi COVID-19. 

Tampak ruangan Laboratorium di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang.

"Selain dari tenaga dan fasilitas, Labkesda Kota Tangerang sangat kompeten  karena Labkesda ini sudah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional. Apa yang diupayakan Kota Tangerang melalui Labkesda memenuhi kriteria penghargaan yang BSN berikan," kata Heru.

Selain itu, untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu, lanjut Heru, Labkesda Kota Tangerang senantiasa mendapatkan pengawasan dari Komite Akreditasi Nasional.(ADV)

MANCANEGARA
Mulut Sungai Gangga di India Mangapung 4.000 Mayat COVID-19

Mulut Sungai Gangga di India Mangapung 4.000 Mayat COVID-19

Rabu, 12 Mei 2021 | 12:00

Angka kematian di India karena mengganasnya COVID-19 pun terus bertambah signifikan setiap harinya. Terbaru 4.000 mayat terlihat mengapung di mulut sungai Gangga. Jenazah ini diperkirakan merupakan jenazah positif COVID-19

NASIONAL
Idul Fitri, Warga Bodetabek Dilarang ke Jakarta

Idul Fitri, Warga Bodetabek Dilarang ke Jakarta

Rabu, 12 Mei 2021 | 11:06

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang warga dari kota satelit seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), pergi ke wilayah Ibu Kota saat Hari Raya Idul Fitri besok

WISATA
Ada Menara Eiffel di Karawaci Tangerang

Ada Menara Eiffel di Karawaci Tangerang

Selasa, 6 April 2021 | 12:54

TANGERANGNEWS.com-Destinasi wisata teranyar Kota Tangerang di Ecofarm

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab