Connect With Us

Pemuda Dilibatkan Atasi Potensi Bencana Alam di Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 11 November 2020 | 16:13

| Dibaca : 320

Kegiatan pembentukan pemuda di Saung Banksasuci Jalan Taman Cisadane Gang Muara Buntu, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas (TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) melibatkan pemuda dalam mengatasi potensi bencana alam di Kota Tangerang dengan membentuk Gugus Tugas Pemuda. 

 

Pembentukan Gugus Tugas Pemuda tersebut berlangsung di Saung Banksasuci Jalan Taman Cisadane Gang Muara Buntu, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Rabu (11/11/2020). 

 

Kepala Dispora Kota Tangerang, Engkos Zarkasy mengatakan, dengan pembentukan gugus tugas ini pemuda diharapkan tidak hanya menjadi objek, tetapi subjek dalam membantu pemerintah menangani situasi kebencanaan. 

 

"Pemuda memiliki peran penting sebagai generasi penerus bangsa yang harus mampu menjadi penerus masa depan yang berdaya saing dan mampu bekerja sama membangun Kota Tangerang," ujar Engkos. 

 

 

Gugus tugas ini juga sebagai upaya Dispora Kota Tangerang untuk mempersiapkan pemuda yang nantinya mempunyai kemampuan tanggap bencana. 

 

"Untuk tim pelatih, kita bekerja sama dengan petugas Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Banten, Basarnas, KNPI dan Pramuka," tuturnya. 

Sehingga nanti, lanjut Engkos, masing-masing pemuda yang tergabung dalam Gugus Tugas Pemuda memiliki kekuatan yang sama saat menghadapi bencana.

 

"Nanti teman-teman ini dibekali bagaimana mereka punya cara pertama tanggap bencana untuk menyelamatkan diri sendiri dulu. Lalu menolong orang lain," katanya.

 

Ketika pemuda sudah memiliki kemampuan tanggap bencana, mereka akan membangun posko. 

 

Engkos menambahkan Kota Tangerang menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana, salah satunya banjir. 

 

"COVID-19 masih berada di sekitar kita, apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan. Untuk itu, kita sama-sama saling peduli dan mengingatkan agar tetap menjaga lingkungan dan kesehatan," pungkasnya.

SPORT
Raihan Tiga Poin Jadi Pembuktian Skuad Pendekar Cisadane

Raihan Tiga Poin Jadi Pembuktian Skuad Pendekar Cisadane

Senin, 29 November 2021 | 16:06

TANGERANGNEWS.com – Kemenangan dengan menggondol tiga poin yang diraih Persita Tangerang saat kontra PSS Sleman di Stadion Manahan

NASIONAL
Pemerintah Gelontorkan Rp11 Triliun untuk Insentif Kartu Prakerja 2022

Pemerintah Gelontorkan Rp11 Triliun untuk Insentif Kartu Prakerja 2022

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:50

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja masih akan dilanjutkan pada tahun 2022 terhadap pekerja yang terdampak COVID-19

AYO! TANGERANG CERDAS
Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:41

TANGERANGNEWS.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Pusat Pembelajaran Perempuan Cerdas, Apresiatif, Negosiatif

HIBURAN
500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

Selasa, 23 November 2021 | 17:17

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak lebih dari 500 siswa se-Indonesia mengikuti Pahoa Fun Sport and Activities (PASS) 202, kompetisi secara daring yang digelar Sekolah Terpadu Pahoa, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin