Connect With Us

Mandiri, Kampung di Tangerang Ini Bikin Akses Internet Sendiri

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 6 Desember 2020 | 13:59

| Dibaca : 662

Sejumlah warga tengah memanfaatkan fasilitas jaringan internet yang dipasang secara swadaya di lingkungan RW 5 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu (6/12/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com—Warga RW 5 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang mendukung program Kampung Kita yang digencarkan Pemeritah Kota (Pemkot) Tangerang. 

Secara mandiri, warga memfasilitasi akses jaringan internet (WiFi) di lingkungannya, untuk menunjang berbagai aktivitas di tengah perkembangan digital yang kian pesat ini.

Ketua RW 5 Kelurahan Poris Plawad, Ahmad Fadilah mengatakan hadirnya kampung internet ini berawal dari keluhan warga. Menurutnya, warga mengeluhkan mahalnya pemakaian internet.

"Kampung ini dilengkapi fasilitas internet sejak setahun yang lalu. Inisiasi ini untuk menjawab keluhan warga. Makanya, hampir seluruh kartu keluarga (KK) di kampung ini sekarang bisa pakai internet sepuasnya," ujar Fadil saat ditemui TangerangNews di RW 5 Kelurahan Poris Plawad, Minggu (6/12/2020). 

Sejumlah warga tengah memanfaatkan fasilitas jaringan internet yang dipasang secara swadaya di lingkungan RW 5 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu (6/12/2020).

RW 05 Kelurahan Poris Plawad memiliki 4 RT dengan 800 KK. Hampir seluruh KK kini menikmati akses WiFi secara penuh. Menurut Fadil, baru 200 KK di lingkungannya yang sudah dapat mengakses internet di rumah masing-masing. 

"Akses internet ini sumber dananya dari iuran warga, jadi swadaya. Sekarang yang sudah mengakses baru sebagian, target kita ke depan semua warga bisa mengaksesnya. Supaya lebih hemat," katanya. 

Sejumlah warga tengah memanfaatkan fasilitas jaringan internet yang dipasang secara swadaya di lingkungan RW 5 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu (6/12/2020).

Selain hemat, program Kampung Internet ini sekaligus menghindari kerumunan di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Kota Tangerang. Masyarakat dapat belajar, belanja, dan berdagang hanya di rumah saja. 

Sehingga dengan hadirnya WiFi di kampung ini mampu mendukung warga untuk beraktifitas demi pergerakan ekonomi maupun sumber daya manusia. 

"Jadi terhindar dari kerumunan. Warga bisa belajar di rumah, belanja dari rumah, dan berdagang di rumah. Karena semua bisa diakses, internetnya lancar," ucapnya. 

Fadil berharap program internet yang dijalankan Pemerintah Kota Tangerang disetiap kampung satu WiFi dapat dikembangkan agar seluruh warga di kampung-kampung dapat mengaksesnya. 

"Kalau satu WiFi kan pada berkumpul, berkerumun. Sebenarnya bisa diakali, jadi bisa pasang atau dipanjangkan kabelnya ke setiap lingkungan warga," pungkasnya. (RAZ/RAC)

SPORT
Gelar Bukber, Ngadino Semangati Klub Voli Kota Tangerang

Gelar Bukber, Ngadino Semangati Klub Voli Kota Tangerang

Jumat, 23 April 2021 | 23:01

TANGERANGNEWS.com- Ngadino, selaku Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memberikan semangat kepada pengurus klub bola voli di Kota Tangerang

TOKOH
Ustaz Tengku Zulkarnain & Sapri Meninggal

Ustaz Tengku Zulkarnain & Sapri Meninggal

Senin, 10 Mei 2021 | 23:02

TANGERANGNEWS.com-Kabar duka datang dari Ustaz Tengku Zulkarnain. Ustaz berdarah Melayu Deli itu meninggal dunia setelah terpapar COVID-19

BISNIS
4 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

4 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

Senin, 10 Mei 2021 | 09:29

TANGERANGNEWS.com-Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Hampers menjadi salah satu tradisi yang harus ada. Biasanya hampers berisi kue kering atau makanan yang dikirimkan untuk orang-orang tersayang

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab