Connect With Us

DPR Targetkan Asrama Haji di Kota Tangerang Beroperasi 2023

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 3 Februari 2021 | 17:23

Rombongan DPR RI usai rapat dengan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Muhajirin Yanis di gedung Puspemkot Tangerang, Rabu (3/2/2021). (TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan gedung asrama haji di Kota Tangerang selesai pada tahun 2023. 

Hal itu diungkapkan Selly setelah rapat dengan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Muhajirin Yanis di gedung Puspemkot Tangerang, Rabu (3/2/2021).

Dalam pembangunan asrama haji di Kota Tangerang, sudah ada itikad baik dari Pemerintah Kota Tangerang. Dia menyebut DPR segera mendorong pembangunan asrama haji ini. 

"Kami akan mendukung dan mendorong agar sesegera mungkin asrama haji di Provinsi Banten bisa diwujudkan dalam waktu secepatnya. Sehingga pada tahun 2023 bisa dioperasionalkan sebagaimana mestinya," ujar Selly. 

Adapun untuk merealisasikan target tersebut, pada 2021 ini Pemerintah Kota Tangerang didorong untuk bisa menetapkan lahan serta grand design pembangunan asrama haji. 

Lalu, pada 2022 pelaksanaan pembangunan asrama haji. Sehingga, tahun 2023 asrama haji bisa dioperasikan. 

Selly mengatakan, pihaknya mendorong Wali Kota Tangerang untuk segera menyampaikan surat kepada kementerian terkait jika ingin menggunakan aset yang tersedia. Seperti lahan milik BUMN yang akan dihibahkan untuk asrama haji ini. 

Selly menuturkan, DPR juga akan membentuk panitia kerja untuk melakukan pengawasan ataupun evaluasi terkait embarkasi haji se-Indonesia termasuk pembangunan asrama haji di Kota Tangerang. 

Dia menambahkan asrama haji di Kota Tangerang sangat diperlukan karena kota ini letaknya dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta dan DKI Jakarta. 

"Khusus Provinsi Banten ini adalah provinsi yang memang sangat dekat dengan DKI Jakarta. Bandara Soekarno-Hatta menampung jamaah bukan haji saja, tetapi seluruh Indonesia pun diberangkatkan dari sini, maka ini satu keunikan untuk embarkasi haji," jelasnya. 

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah berharap, rencana pembangunan asrama haji di Kota Tangerang bisa segera terlaksana. 

Menurutnya, Pemkot Tangerang sudah memberikan opsi lahan. 

Arief menyebut opsi lahan yang bisa dimanfaatkan untuk asrama haji, yaitu lahan milik PT Angkasa Pura II dan lahan milik PT Modernland Tbk serta lahan milik pengembang Alam Sutera. 

"Jadi, memang semangatnya kita mendorong bukan cuma asrama haji, tapi asrama haji dan umrah. Sehingga pelayanan buat jamaah haji dan umrah lebih baik dari saat ini," katanya. 

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Muhajirin Yanis menambahkan kapasitas untuk fasilitas asrama haji di Kota Tangerang idealnya cukup untuk menampung tiga kloter. Adapun satu kloternya berjumlah 400 jamaah.

KOTA TANGERANG
THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:52

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill