Connect With Us

Antisipasi Penyebaran DBD, PMI Tangerang Fogging Rumah Warga

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 9 Maret 2021 | 16:27

| Dibaca : 288

Petugas PMI Kota Tangerang saat melakukan penyemprotan fogging di rumah-rumah warga di wilayah Perumahan Bugel Mas, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Selasa (9/3/2021). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-PMI Kota Tangerang melakukan penyuluhan tentang gerakan 3M Plus dan penyemprotan fogging di rumah-rumah warga di wilayah Perumahan Bugel Mas, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang untuk mengantisipasi merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Langkah tersebut dilakukan PMI Kota Tangerang lantaran di wilayah RW 6 Perumahan Bugel Mas sudah ada yang diduga terkena penyakit DBD. Sehingga, bibit-bibit nyamuk Aedes Aegypti harus diberantas. 

“Kegiatan fogging ini atas permintaan masyarakat, setelah sejumlah warga di kawasan perumahan ini diketahui menjadi korban gigitan nyamuk pembawa virus dengue dan kali ini kami laksanakan di wilayah perumahan Bugel Mas Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci," ujar Andri Permana, Ketua Bidang Komunikasi dan Publikasi PMI Kota Tangerang, Selasa (9/3/2021). 

Andri menyebut, saat ini  pihaknya bersama masyarakat tengah menggalakkan hidup bersih dan sehat untuk menjaga kebersihan lingkungan dari genangan air tempat perkembangan nyamuk, begitupun di dalam rumah dengan gerakan 3M Plus. 

"Ini inisiatif kami dari pengurus PMI Kota Tangerang. Karena kelurahan dan kecamatan karena sudah ada beberapa warga yang terkena DBD," imbuhnya. 

Petugas PMI Kota Tangerang saat melakukan penyemprotan fogging di rumah-rumah warga di wilayah Perumahan Bugel Mas, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Selasa (9/3/2021).

Lurah Bugel Mas, Junaedi mengatakan, pihaknya mendorong warga untuk memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah. 

Plus-nya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti Menaburkan bubuk larvasida (abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.  

Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, dan menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Ketua RW 6 Perumahan Bugel Mas, Endra Gunawan mengapresiasi kegiatan fooging yang dilaksanakan bersama PMI Kota Tangerang. 

Menurutnya, upaya pencegahan penyakit DBD perlu dilakukan, agar virus yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti itu tidak menjangikiti masyarakat. 

"Pemberantasan sarang nyamuk dengan cara difogging adalah upaya pencegahan virus BDB. Hari ini, kami bersama PMI Kecamatan Kota Tangerang melakukan fogging. Kami ucapkan terimakasih dan semoga PMI terus bermanfaat untuk orang banyak," pungkasnya. (RED/RAC)

BANTEN
Ancam Demo, Aliansi Buruh Banten Bersatu Usulkan Kenaikan UMP 8,95% dan UMK 13,50% Tahun 2022

Ancam Demo, Aliansi Buruh Banten Bersatu Usulkan Kenaikan UMP 8,95% dan UMK 13,50% Tahun 2022

Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Serikat pekerja yang tergabung dalam Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3) segera mengusulkan kenaikan upah tahun 2022 ke Provinsi Banten

WISATA
Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 16:59

TANGERANGNEWS.com-Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten, terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)

AYO! TANGERANG CERDAS
Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:41

TANGERANGNEWS.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Pusat Pembelajaran Perempuan Cerdas, Apresiatif, Negosiatif

BISNIS
Ada Pameran Produk Lokal Nusantara di Creartive Culture Home Summarecon Mall Serpong

Ada Pameran Produk Lokal Nusantara di Creartive Culture Home Summarecon Mall Serpong

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:21

TANGERANGNEWS.com-Summarecon Mall Serpong (SMS) didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menghadirkan Creartive Culture Home (C2H)

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin