Connect With Us

Menelisik Masjid tertua di Kota Tangerang

Redaksi | Minggu, 25 April 2021 | 10:23

| Dibaca : 33573

Masjid Jami Kalipasir yang berlokasi di Jalan Kalipasir, Gang Masjid, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Anisa Dewi Apriliani)

TANGERANGNEWS.com-Masjid Jami Kalipasir merupakan masjid tertua yang berada di Jalan Kalipasir, Gang Masjid, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Berawal dari kedatangan Ki Tengger Jati dari kerajaan Galuh Kawali pada tahun 1412, setelah mendapatkan ilmu agama dari gurunya yang bernama Syekh Syubakhir, ia diamanatkan apabila ilmu sudah didapatkan siarkan dan sebarkan Islam.

Saat Ki Tengger keluar dari kerajaan dan sampailah ia di Tangerang, dahulunya masih berupa hutan. Ki Tengger membangun sebuah gubuk untuk tempat tinggal dan beribadah.

Dalam kurun waktu 4 tahun, tepatnya pada 1416 masjid ini diperbesar, adanya dampak positif dari letak masjid yang berhadapan langsung dengan sungai Cipamunggas (Cisadane) yang merupakan jalur transportasi hasil bumi, sehingga banyak masyarakat yang singgah dan menetap.

Masjid Jami Kalipasir yang berlokasi di Jalan Kalipasir, Gang Masjid, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Pada tahun 1455 kedatangan ulama dari Persia yang bernama Syekh Abdul Jalil, tujuannya ke Banten namun ia singgah dan sempat menetap di Kalipasir. Dengan kedatangan Syekh Abdul Jalil, masjid tersebut semakin diperbesar.

Empat tiang penyangga yang terdapat di Masjid Kalipasir salah satunya merupakan pemberian Sunan Kalijaga dan tingkatan atap masjid yang paling atas merupakan pemberian dari Sultan Ageng Tirtayasa yang bernama Baluarti.

Masjid Jami Kalipasir yang berlokasi di Jalan Kalipasir, Gang Masjid, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Achmad Sjairodji penasehat DKM Masjid Jami Kalipasir menyatakan bahwa di sini ada makam dari pendiri masjid, ulama dan umaroh (pemerintah, walikota dan bupati).

Letak masjid yang berada di sekitar lingkungan Tionghoa menjadikan mereka menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

Akhirnya Masjid Jami Kalipasir diresmikan pada tahun 1576 oleh KH Tobari Ashajili. (RAZ/RAC)

TANGSEL
Danau Sasak Pamulang Dikabarkan Jebol, BPDB Tangsel: Hoaks! 

Danau Sasak Pamulang Dikabarkan Jebol, BPDB Tangsel: Hoaks! 

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:27

TANGERANGNEWS.com-Video yang memperlihatkan jebolnya Danau Sasak Tinggi yang terletak di Jalan Pajajaran, Pamulang, Tangerang Selatan, beredar di media sosial

HIBURAN
500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

Selasa, 23 November 2021 | 17:17

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak lebih dari 500 siswa se-Indonesia mengikuti Pahoa Fun Sport and Activities (PASS) 202, kompetisi secara daring yang digelar Sekolah Terpadu Pahoa, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang

WISATA
Tempat Wisata di Kabupaten Tangerang Diawasi Selama Libur Natal-Tahun Baru 

Tempat Wisata di Kabupaten Tangerang Diawasi Selama Libur Natal-Tahun Baru 

Jumat, 26 November 2021 | 12:45

TANGERANGNEWS.com - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Banten, mengawasi sejumlah tempat wisata selama libur Natal dan Tahun Baru 2022

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin