Connect With Us

Dinkes Mulai Tes Genose COVID-19 di Terminal Poris & Stasiun Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 5 Mei 2021 | 15:19

Petugas Dinkes menggelar tes GeNose di Terminal Poris Plawad dan Stasiun Tangerang. (TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai gencar melakukan tes GeNose, atau tes cepat melalui embusan napas diberbagai pusat keramaian. 

 

Tahap pertama, Dinkes menggelar di Terminal Poris Plawad dan Stasiun Tangerang, Rabu (5/5/2021). 

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Liza Puspadewi mengungkapkan, tes GeNose akan digencarkan atau dilakukan secara masif hingga beberapa pekan kedepan. 

 

Dinkes akan menyasar tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, pasar dan tak menutup kemungkinan ke RW zona merah. 

"Tahap pertama menyasar 200 peserta, mulai dari penumpang, masinis hingga para sopir bus. Jika kedapatan peserta positif, Dinkes akan mengirim ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan swab PCR hingga tindakan isolasi di rumah isolasi yang tersedia,” papar dr Liza, usai melakukan pemantauan di Stasiun Tangerang. 

 

Tes GeNose memiliki keakuratan hingga 90 persen, dan memiliki proses tes Covid-19 yang cukup cepat. Hanya dengan kurang lebih tiga menit, peserta sudah bisa mengantongi hasil tesnya. Dinkes pun menggelar tes GeNose secara gratis atau cuma-cuma untuk warga Kota Tangerang. 

 

“Karena ini gratis, maka Dinkes berharap masyarakat yang diajak untuk tes GeNose dapat proaktif dan tidak panik. Tes GeNose bisa menjadi gerakan kerjasama kita semua, untuk mempercepat screening, dan pemutusan rantai penyebaran virus Covid-19,” paparnya. 

Sementara itu, para peserta banyak yang menyambut baik terkait fasilitas tes cepat Covid-19 ini secara gratis. 

 

Seperti yang diungkapkan, Ruhiyat salah seorang penumpang KRL. Ia mengaku, tes GeNose secara gratis ini harus sering dilakukan secara masif. Terlebih, menjelang lebaran dan potensi penyebaran saat berburu takjil. 

 

“Alhamdulillah hasilnya negatif, sering-sering ada fasilitas seperti ini. Semoga juga kesadaran masyarakat untuk menjaga protokol Kesehatan terus meningkat. Jadi semua sama-sama bekerjasama untuk mengendalikan Covid-19,” pungkasnya.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BANDARA
6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:54

Arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang akan berlangsung selama 18 hari tanggal 3-18 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill