Connect With Us

Belum Setahun, Jembatan Cibodas Ambrol

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 5 Oktober 2010 | 16:51

Arief Rachadiono Wismansyah (tangerangnews / tangerangnews/dira)

TANGERANGNEWS-Kondisi  Jembatan (Overpass)  Cibodas di Jalan Raya Gatot Subroto, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, rusak parah. Padahal, menurut Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, jembatan tersebut belum sampai setahun dioperasikan.


Jembatan Cibodas yang menghubungkan arus kendaraan dari arah Serang menuju Jakarta melalui Kota Tangerang dan sebaliknya, dibangun oleh Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dengan pelaksananya PT Nugraha Adi Taruna dan PT Rama Abadi Pratama.
 
"Baru Desember 2009 lalu. Belum sampai satu tahun dioperasikan, kondisi jembatan banyak yang sudah mengalami kerusakan dan ambrol jalanya," ujar Arief, kemarin 
Menurut Arief, Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang pada jembatan sepanjang 770 meter dan lebar 30 meter tersebut, ditemukan banyak ketidaksempurnaan konstruksi bangunan. Arief menyebutkan beberapa kekurangan tersebut, yaitu, terjadi penurunan permukaan badan jalan hingga mencapai 10 centimeter sepanjang 12 meter pada kedua bagian ujung jembatan tersebut. 
 

 
Selain itu,  Arief melanjutkan, pada beberapa baja konstruksi sheetpile dan dinding parapet mengalami keretakan hingga mencapai tiga centi meter. Menurut Arief, posisi konstruksi baja tersebut saat ini juga mengalami kemiringan.
 
Menurutnya, selama ini pihaknya telah mengadukan masalah tersebut dengan mengirimkan surat kepada Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum untuk segera memperbaiki jembatan itu sebanyak tiga kali. Namun, satupun surat yang dikirimkan tidak mendapat respon sama sekali.
 
Menurutnya, isi surat terakhir tersebut berisi peringatan kepada Kementerian Pekerjaan Umum. Pemkot Tangerang mengancam jika dalam waktu 14 hari jembatan tidak segera diperbaiki, maka Pemkot Tangerang akan mengadukan persoalan tersebut kepada Presiden SBY.(dira)
 

 

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill