Connect With Us

Lapak Menurun, Hewan Kurban di Kota Tangerang Dijamin Sehat

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 16 Juli 2021 | 15:12

| Dibaca : 169

Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban di sejumlah lapak menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Jumat 16 Juli 2021.

Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan, dari 200 outlet hewan kurban yang terdata di DKP Kota Tangerang, 190 di antaranya sudah dicek kesehatan.

Menurutnya, seluruh hewan kurban pada lapak-lapak tersebut dipastikan seluruhnya sehat. “Kita sudah melakukan survei (pengecekan kesehatan) hampir ke seluruh lapak. Dari sample itu kita tidak menemukan sapi atau kambing yang sakit,” ujarnya.

Kendati demikian, DKP Kota Tangerang tetap mengimbau kepada pemilik lapak, jika ada hewan kurban yang sakit baiknya dipisahkan dan tak dijual. Dikhawatirkan penyakitnya menular ke hewan kurban sehat.

“Tapi kalau sekarang lapak hewan kurban sudah menurun. Tahun ini 200, tahun 2020 itu 224 dan tahun 2019 itu 261. Jadi ada penurunan 40-an lapak dalam setiap tahunnya karena daya beli masyarakat menurun yah pas COVID-19 ini,” katanya.

Terkait pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha mendatang, DKP Kota Tangerang sudah memberikan imbauan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk memerhatikan protokol kesehatan.

"Intinya harus mematuhi aturan yang sudah tertera dalam Surat Edaran Wali Kota Tangerang. Apabila rumah potong hewan (RPH) penuh, maka di masjid dan itu harus menerapkan protokol kesehatannya yang betul,” ujarnya.

KOTA TANGERANG
Oknum RT di Panunggangan Utara Tangerang Disebut Minta Jatah Bansos, Ini Kata Lurah

Oknum RT di Panunggangan Utara Tangerang Disebut Minta Jatah Bansos, Ini Kata Lurah

Minggu, 25 Juli 2021 | 12:31

TANGERANGNEWS.com-Warga di Kelurahan Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang mengeluhkan adanya oknum ketua rukun tetangga (RT) yang meminta bagian dari bantuan sosial tunai (BLT)

SPORT
4 Rekomendasi Workout di Rumah untuk Pemula Selama PPKM

4 Rekomendasi Workout di Rumah untuk Pemula Selama PPKM

Minggu, 25 Juli 2021 | 10:21

TANGERANGNEWS.com-Di masa pandemi COVID-19 yang kembali melonjak, penting untuk menjaga kesehatan badan untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga terhindar dari menularan virus tersebut

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab