Connect With Us

BOR Turun, Pasien Isoman di Kota Tangerang Diimbau Manfaatkan Fasilitas Isolasi Terpusat

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 30 Juli 2021 | 14:00

| Dibaca : 469

Pasien isolasi mandiri (Isoman) di Kota Tangerang saat berada di Rumah Sakit (RS. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Pasien isolasi mandiri (Isoman) di Kota Tangerang diimbau untuk memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat, seperti Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) atau Rumah Sakit (RS) sebagai fasilitas kesehatan (faskes) Pemerintah, untuk pemulihan dari COVID-19.

Pasalnya, keterisian tempat tidur pasien COVID-19 atau Bed Occupancy Rate (BOR) di RS Kota Tangerang turun jadi 65,74 persen dan RIT di 40,00 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi menganggap keterisian tempat tidur COVID-19 tersebut kian stabil, jadi pasien isoman bisa memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat agar terpantau dengan baik dan benar.

“Terlebih mereka yang berusia di atas 55 tahun, punya komorbit dan kondisi rumah tak memungkinkan menjadi ruang isolasi," ungkapnya, Jumat 30 Juli 2021.

Meski isoman di rumah, masyarakat tetap dapat kiriman obat dari Puskesmas dan permakanan dari Satgas COVID-19 setempat, tetap saja pilihan isoman di rumah adalah alternatif terakhir, di saat faskes penuh dan tak terbendung.

"Dengan isolasi di faskes terpusat, kita dapat pantau jika terjadi perburukan gejala. Serta dengan  terjaganya dokter dan perawat selama 24 jam, pemulihan pasien juga akan semakin cepat. Selain itu juga, melindungi orang-orang terdekat khususnya keluarga. Meski angka kesembuhan isoman saat ini mencapai 98 persen," kata dr Liza. 

Sementara itu, dr Liza menjelaskan hingga saat ini pemantauan pasien isoman dilakukan melalui aplikasi Sirona dan website https://covid19.tangerangkota.go.id/pendataan_isman/daftar yang dikeluarkan Diskominfo.

"Terkait suplai obat-obatan, mereka yang lapor dan memeriksakan kondisinya di Puskesmas, secara otomatis petugas akan memberikan paket obat-obatan. Serta, memberikan nomor dokter Puskesmas yang bisa dihubungi untuk konsultasi kondisi hariannya secara lebih lanjut," paparnya. 

Dengan itu, ia meminta masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat untuk proses penyembuhan, atau melaporkan kondisi isoman di rumah ke Puskesmas setempat atau melalui https://covid19.tangerangkota.go.id/pendataan_isman/daftar.

PROPERTI
Pasar Modern BSD City Kini Dilengkapi Toilet Premium Ala Hotel Bintang Lima

Pasar Modern BSD City Kini Dilengkapi Toilet Premium Ala Hotel Bintang Lima

Selasa, 21 September 2021 | 13:05

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land melalui Pasar Modern BSD City terus mendorong para pelaku ekonomi kerakyatan agar dapat meningkatkan kesuksesan usaha dan kesejahteraannya dengan melakukan berbagai inovasi

MANCANEGARA
Menjijikkan, Sepasang Penumpang Nekat Berbuat Mesum di Pesawat Jadi Tontonan

Menjijikkan, Sepasang Penumpang Nekat Berbuat Mesum di Pesawat Jadi Tontonan

Senin, 20 September 2021 | 22:57

TANGERANGNEWS.com- Perbuatan yang sangat tidak pantas dilakukan oleh sepasang penumpang pesawat maskapai Ryanair di dalam pesawat. Aksi yang sangat tidak senonoh yang dilakukan di tempat duduk kabin pesawa

OPINI
Mahalnya Transaksi Pesta Demokrasi

Mahalnya Transaksi Pesta Demokrasi

Minggu, 26 September 2021 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Siapapun yang jujur, pasti akan mengakui bahwa negeri tercinta kita ini sedang mengalami keterpurukan. Dalam segala bidang. Di tengah kesulitan ekonomi dan belum pulihnya negeri dari situasi pandem

TOKOH
Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Jumat, 24 September 2021 | 15:10

TANGERANGNEWS.com-KLATEN-Permasalahan pada sektor pangan selalu menjadi perhatian di setiap negara. Pemerintah selalu berupaya memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan menjaga ketahanan pangan diantaranya melalui pemberdayaan petani,

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin