Connect With Us

Fakultas Hukum UMT Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Melalui Praktikum

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 25 Agustus 2021 | 16:34

| Dibaca : 623

Pembukaan praktikum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Kampus Merdeka Indonesia Jaya Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) melakukan kegiatan kuliah praktikum untuk tahun 2021.

Kuliah praktikum itu bertajuk "Dengan Kegiatan Praktikum Kita Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Fakultas Hukum Dalam Mengikuti Mata  Kuliah Yang Di Praktikum".

Dekan Fakultas Hukum UMT, Dwi Nur Fauziah Ahmad mengatakan, praktikum merupakan keahlian secara praktek yang akan di dapatkan oleh mahasiswa berkaitan dengan hukum acara dalam dunia peradilan.

"Sesuai dengan standar Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) yang mulai diterapkan di FH UMT sejak tahun 2017, maka ada kewajiban bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan praktikum selain materi perkuliahan di kelas," ujarnya Rabu, 25 Agustus 2021.

Menurutnya, terdapat empat mata kuliah yang ditetapkan sebagai mata kuliah praktikum di tahun 2021 ini, yakni hukum acara pidana dan hukum acara perdata untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan semester empat, serta hukum acara Mahkamah Konstitusi dan Legal Drafting untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan semester enam.

Pembukaan praktikum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang secara daring.

"Praktikum ini memang keahlian dasar yang harus dimiliki mahasiswa fakultas hukum, karena kegiatan ini kalau kita lihat basisnya sangat ilmiah dan juga obyektif," ungkapnya. 

Dekan pun berharap agar mahasiswa setelah praktikum sudah bisa buat surat kuasa, surat gugatan, Perdata, Gugatan Pengujian UU terhadap UUD dan PHPU di MK dan keahlian basic hukum acara lainnya.

"Saya berharap mahasiswa juga harus senantiasa serius dalam mengikuti praktikum ini," pungkas Dekan. 

Pembukaan kegiatan praktikum itu juga dihadiri oleh Dekan FH UMT, Dwi Nur Fauziah Ahmad, Wakil Dekan I Auliya Khasanofa, Wakil Dekan II Abdul Kadir, dan Kepala Laboratorium FH UMT Dadang Gandhi.

Untuk diketahui, jumlah peserta semester enam ada 130 mahasiswa dan mahasiswa semester ada 300 lebih mahasiswa.

KOTA TANGERANG
Marak Kasus Kekerasan Seksual & Bullying, SWYC Berikan Pendampingan

Marak Kasus Kekerasan Seksual & Bullying, SWYC Berikan Pendampingan

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:18

TANGERANGNEWS.com-Suhanah Women and Youth Center (SWYC) menyoroti maraknya kasus pelecehan seksual, bullying dan kekerasan yang terjadi selama Pandemi COVID-19. Mereka memberikan pendampingan dan pemulihan untuk para korban

MANCANEGARA
Jamaah Masjid di Nigeria Diberondong Tembakan, 18 Tewas

Jamaah Masjid di Nigeria Diberondong Tembakan, 18 Tewas

Rabu, 27 Oktober 2021 | 22:11

TANGERANGNEWS.com-Kelompok bersenjata menyerang jamaah yang sedang salat subuh di masjid kawasan Nigeria Utara. Akibatnya 18 orang jemaah masjid tersebut tewas

OPINI
Antara Pandora Papers, UU HPP & Tax Amnesty II: Pajak Disayang, Pajak Dikemplang

Antara Pandora Papers, UU HPP & Tax Amnesty II: Pajak Disayang, Pajak Dikemplang

Minggu, 24 Oktober 2021 | 14:47

TANGERANGNEWS.com-Mantan Presiden Amerika yang juga pengusaha, Donald Trump, menyatakan, orang kaya yang bisa menggelapkan harta agar bebas dari pajak adalah smart people

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin