Connect With Us

Ratusan Napi Kelas 1 Tangerang Jalani Trauma Healing

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 16 September 2021 | 15:33

Sejumlah narapidana di Lapas Kelas 1 Tangerang saat beridalog dengan dokter psikiater dari RSUD Kota Tangerang, Kamis 16 September 2021. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Ratusan narapidana di Lapas Kelas 1 Tangerang menjalani trauma healing dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang pasca-insiden kebakaran.

Dua dokter psikiater dari RSUD Kota Tangerang pun dilibatkan dalam penanganan trauma para napi tersebut.

"Trauma healing ini kita prosesnya tidak mendadak, ada tahapannya dari awal kebakaran itu," ujar dr Amir, Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Kota Tangerang, Kamis 16 September 2021.

Tahapan awal, tim psikiater menyebarkan quesioner terlebih dulu untuk melihat sejauh mana trauma yang diderita.

Setelah melihat jawaban dari quesioner tersebut, para napi yang selamat ini akan dipertemukan dan konsultasi dengan psikiater. 

"Ada dua dokter yang kita libatkan, semuanya dari RSUD Kota Tangerang," katanya.

Para napi yang mendapat trauma healing bukan hanya dari Blok C2 saja, melainkan dari blok sekitarnya, seperti C1, C3 beserta mereka yang melihat langsung kejadian kebakaran tersebut. 

"Pesertanya itu bukan cuma korban, tapi mereka yang tinggal di sekitarnya, yang terdekat dengan lokasi. Seperti Blok C1, C3," ungkap dr Amir.

Karena konsul dilakukan intens, tim psikiater dari RSUD Kota Tangerang pun bukan hanya sehari saja di sana. Melainkan bertahap hingga Jumat, 17 September 2021. 

"Ini sudah dilakukan sejak Selasa, Rabu, hari ini, sampai besok, Jumat," katanya.

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

SPORT
Masuk Zona Degradasi, Persita Tak Ingin Cemaskan Hasil Tim Lain

Masuk Zona Degradasi, Persita Tak Ingin Cemaskan Hasil Tim Lain

Rabu, 24 April 2024 | 11:53

Persita Tangerang kembali memasuki zona degradasi, tepatnya posisi ke-16 dengan raihan 33 poin dalam klasemen sementara BRI Liga 1 musim 2023/2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill