Connect With Us

Begini Upaya Pemkot Tangerang Antisipasi Cuaca Ekstrem November-Februari

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:11

| Dibaca : 240

Tangkapan layar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat di wawancarai awak media. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Cuaca ekstrem sebagai dampak fenomena La Nina diperkirakan terjadi pada bulan November 2021 hingga Februari 2022.

Pemerintah Kota Tangerang pun mulai mengantisipasi  dengan melakukan normalisasi delapan aliran sungai, memperbaiki saluran air dan turab di pemukiman warga, serta menyiagakan ratusan pompa penyedot air.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, delapan sungai dan kali yang dinormalisasi di antaranya Sungai Cisadane, Kali Angke, Kali Cirarab, Kali Sabi dan Kali Cantiga.

“Kita normalisasi dengan dengan mengangkat sendimen lumpur dan pelebaran bantaran, serta membangun turab di 18 titik di wilayah pemukiman warga langganan banjir,” katanya saat meninjau normalisasi, Jumat 22 Oktober 2021.

Selain itu pihaknya juga melakukan perbaikan saluran air di 117 titik pemukiman warga, termasuk menyiagakan 223 mesin pompa penyedot air yang tersebar di wilayah banjir. “Untuk mempercepat genangan surut jika terjadi banjir,” kata Arief.

Namun demikian, Arief mengajak peran serta masyarakat serta pengembang perumahan di kawasan hulu, untuk melakukan konservasi air hujan masuk ke dalam tanah melalui pembuatan lubang biopori berukuran besar.

Tujuannya untuk mengurangi debit air yang masuk ke dalam saluran air dan memperbaiki dampak lingkungan sekitar,” jelasnya.

Diharapkan, dengan langkah antisipasi yang telah dilakukan mampu mengurangi daerah genangan banjir seluas 45 hingga 47 hektar setiap tahunnya.

Sehingga pada tahun 2023 mendatang wilayah genangan banjir di kota tangerang berkurang 120 hektar dari seluas 700 hektar pada tahun 2019 lalu.

OPINI
Setop Propaganda Seks Bebas di Kampus Berkedok Anti-Kekerasan Seksual!

Setop Propaganda Seks Bebas di Kampus Berkedok Anti-Kekerasan Seksual!

Senin, 15 November 2021 | 16:59

TANGERANGNEWS.com-Seorang bandar narkoba mendatangi kepala sekolah SMA dan minta kepala sekolah melarang penjualan semua jenis narkoba apa pun kepada para siswa. Tentu seruan ini bagus dan disambut baik oleh kepala sekolah

MANCANEGARA
Alhamdulillah, 18.752 Jemaah Umrah Akhirnya Berangkat Desember

Alhamdulillah, 18.752 Jemaah Umrah Akhirnya Berangkat Desember

Selasa, 30 November 2021 | 13:54

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat ditunda cukup lama akibat COVID-19, akhirnya para jemaah umrah Indonesia bisa berangkat ke tanah suci pada bulan Desember 2021

NASIONAL
Pemerintah Gelontorkan Rp11 Triliun untuk Insentif Kartu Prakerja 2022

Pemerintah Gelontorkan Rp11 Triliun untuk Insentif Kartu Prakerja 2022

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:50

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja masih akan dilanjutkan pada tahun 2022 terhadap pekerja yang terdampak COVID-19

WISATA
Tempat Wisata di Kabupaten Tangerang Diawasi Selama Libur Natal-Tahun Baru 

Tempat Wisata di Kabupaten Tangerang Diawasi Selama Libur Natal-Tahun Baru 

Jumat, 26 November 2021 | 12:45

TANGERANGNEWS.com - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Banten, mengawasi sejumlah tempat wisata selama libur Natal dan Tahun Baru 2022

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin