Connect With Us

Pemkot Tangerang Petakan Lokasi Rawan Banjir saat Hujan

Advertorial | Selasa, 2 November 2021 | 13:15

Ilustrasi hujan disertai petir. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memetakan wilayahnya yang diprediksi masih rawan banjir jika terjadi hujan turun dengan intensitas yang tinggi. 

"Sejauh ini ya, sampai hari ini, belum ada banjir. Tapi kita petakan ada titik rawan banjir yang ada saat ini tinggal tiga saja," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Selasa 2 November 2021.

Menurutnya, Kecamatan Periuk, seperti di perumahan Garden City, Total Persada dan perumahan di sekitarnya menjadi daerah rawan banjir yang diakibatkan meluapkan Kali Ledug.

Namun, untuk meminimalisir kemungkinan banjir, selain menyiapkan pompa besar untuk menyedot luapan air, juga sudah memperbaiki ketahanan tanggul yang ada di sekitar perumahan.

Lalu, daerah rawan banjir lainnya adalah pemukiman yang dilintasi Sungai Cisadane, yang biasanya meluap karena air kiriman dari Bogor Jawa Barat, melalui pintu air Batu Belah. 

"Seperti beberapa hari lalu, Cisadane sempat ada kiriman dari Batu Belah, tapi petugas di Pintu Air Sepuluh bersiap karena status ketinggian air siaga diangka 550," jelasnya.

Sesuai prediksi, bila ada kiriman air dari Bogor dan Cisadane meluap, air akan berbalik ke darat. Kemudian menggenangi beberapa kawasan, seperti di Pondok Arum.

Namun untungnya, tidak sampai satu jam, air setinggi 15 cm langsung surut karena disedot oleh pompa dari Dinas PUPR setempat.

"Lalu, di wilayah timur dari Kali Angke, ini sudah ada perbaikan juga. Mudah-mudahan enggak ada banjir kiriman juga," kata Arief.

Arief meminta, bukan hanya pemerintah saja yang siaga banjir di musim hujan saat ini. Melainkan masyarakatnya juga, menjaga perilaku untuk tidak menyebabkan banjir.

"Masyarakat diminta jangan membuang sampah sembarangan seperti di gorong-gorong atau saluran air. Itu bisa menyumbat dan malah menimbulkan banjir," pungkasnya.(ADV)

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill