Connect With Us

Terduga Penggelapan Uang Puluhan Juta Babak Belur Diamuk Massa di Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 14 November 2021 | 13:20

Tangkapan layar pelaku penggelapan uang puluhan juta berinisial A, 30, babak belur diamuk massa di kawasan TangCity Mal, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Terduga pelaku penggelapan uang puluhan juta berinisial A, 30, babak belur diamuk massa di kawasan TangCity Mal, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang.

Insiden tersebut terjadi pada Sabtu 13 November 2021 sekitar pukul 15.00 Wib. Awalnya, pelaku diajak bertemu dengan pacarnya berinisial DD, 22, untuk kabur bersama, tetapi ternyata hanya jebakan.

"Iya, itu kejadiannya ketemuan di TangCity. Memang memancing pelaku untuk melakukan pertemuan agar bisa mengungkap kasus penipuan ini," ujar Andri Jack, ayah DD kepada TangerangNews, Minggu 14 November 2021.

Andri Jack mengatakan, hubungan anaknya dengan pelaku sebelumnya sebagai pacar. Pasangan sejoli ini bekerja di salah satu perusahaan distributor bahan pokok di kawasan Cimone. Pelaku A bekerja sebagai pengantar barang, sedangkan DD sebagai admin pelayanan konsumen.

Kasus penggelapan ini berawal pada akhir bulan Oktober 2021 saat DD yang bertugas sebagai admin melayani konsumen berinisial Y melalui sambungan telepon, terkait permintaan pembelian minyak sayur sebanyak 2.000 karton.

Adapun DD menyampaikan kepada Y bahwa harga minyak sayur kemasan dua liter per karton Rp158 ribu, tetapi Y memberikan penawaran Rp157 ribu. Lantaran penawaran harga itu tidak bisa diterima, Y pun batal melakukan order.

"Jadi, konsumen nego tapi tidak bisa sehingga batal. Lalu, konsumen mengontek si pelaku yang sudah kenal karena sering antar barang," jelasnya.

Andri Jack melanjutkan, pelaku A pun menyepakati permintaan konsumen Y dengan janji bisa memenuhi orderan 2.000 karton minyak sayur yang setiap kemasannya dibanderol Rp157 ribu per karton.

"Konsumen lalu kirim uang muka Rp31 juta 9 ratus ribu ke pelaku A untuk orderan itu. Bahkan, pelaku diiming-imingi orderannya bertambah, menjadi 4.000 karton. Jadi, konsumen kirim lagi DP kedua ke pelaku Rp33 juta," ungkapnya.

Lalu, kasus ini dicurigai DD lantaran pelaku A meminta kepada DD untuk dibuatkan tanda terima orderan itu. Bahkan, pelaku A sempat mengancam hubungannya sebagai pacar dengan DD putus jika tidak dibuatkan tanda terima orderan.

"Anak saya nanya ke pelaku tanda terima ini buat siapa. Ternyata buat si Y. Terus pelaku sempat paksa dan ancam hubungannya putus jika tidak dibuatin tanda terimanya. Pelaku bilang sudah ikuti permintaan saja. Akhirnya dibuatkan tanda terima order berbentuk PDF. Dibuat tanggal 1 November 2021," katanya.

Setelah itu tepatnya pada 7 November 2021 pelaku A resign dari pekerjaannya, begitu juga dengan DD. Pelaku A pun sempat hilang kontak. 

"Terus konsumen menanyakan dan meminta ke pihak perusahaan kalau orderannya segera dikirim, ternyata pelaku A sudah tidak bekerja. Terus konsumen datang ke kantor perusahaan, barulah terungkap," tutur Andri.

Dari informasi itu, akhirnya terungkap bahwa pelaku A diduga melakukan penggelapan terhadap Y. Sedangkan DD hanya sebagai saksi.

Menurutnya, pelaku A melakukan resign kerja untuk kabur sambil membawa uang puluhan juta milik orderan Y.

"Anak saya juga resign terus pulang ke Bandung. Lalu, saya mengetahuinya setelah Y datang ke rumah saya. Jadi, biar sekalian diungkap saja. Anak saya sebagai saksi," katanya.

Andri Jack menyebut, setelah berselang beberapa hari, pelaku A pun dipancing untuk bertemu dengan DD di kawasan TangCity Mal. Akhirnya, pelaku datang dan akhirnya ditangkap meski sempat babak belur karena diamuk massa.

"Jadi, pelaku sempat hilang kontak. Tapi pas ditelusuri Instagramnya masih aktif. Terus kami kontak lewat anak karena kan hubungan pacar ya, terus dipancing untuk kabur bersama. Akhirnya ketemuan di TangCity dan pelaku tertangkap. Sekarang kasusnya ditangani Polsek Tangerang," pungkasnya.

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

TANGSEL
Waspada Bahaya Kanker Mulut Ganas, Begini Cara Deteksinya dari Dokter Tangerang

Waspada Bahaya Kanker Mulut Ganas, Begini Cara Deteksinya dari Dokter Tangerang

Selasa, 16 April 2024 | 14:24

Salah satu kasus keganasan dengan angka kematian tinggi ialah kanker mulut, yang hingga kini penyebabnya belum sepenuhnya diketahui karena terdapat banyak faktor berperan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill