Connect With Us

Kemendagri Apresiasi LKTI Nasional 2021 yang Digelar Pemkot Tangerang 

Tim TangerangNews.com | Senin, 15 November 2021 | 20:46

| Dibaca : 149

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri Agus Fatoni. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi penyelenggaraan Lomba Karya Tulis Inovatif (LKTI) tingkat nasional yang diselenggarakan Pemerintah Kota Tangerang.

Dalam keterangan dari Pusat Penerangan (Puspen) Kemendagri, Senin 15 November 2021, kompetisi tersebut dinilai dapat mendorong munculnya ide dan gagasan inovatif bagi kemajuan pemerintahan, baik di tingkat kabupaten, kota, provinsi hingga nasional.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, pemerintah memiliki perhatian serius terhadap penyelenggaraan inovasi di daerah. Pemerintah juga telah menetapkan berbagai regulasi sebagai pedoman dalam melaksanakan inovasi di daerah. 

"Undang-Undang juga telah menjamin pelaku inovasi tidak dapat dipidanakan walau inovasi tersebut tidak mencapai sasaran, asalkan prosesnya sesuai dengan ketentuan," kata Fatoni dalam keterangannya di Jakarta, Senin 15 November 2021, dikutip dari Antara.

Dia juga mengimbau seluruh pemerintah dan masyarakat daerah untuk tidak ragu-ragu dalam berinovasi. Dengan berinovasi, lanjutnya, kinerja organisasi akan dapat ditingkatkan.

Fatoni mengatakan inovasi membawa dampak positif bagi pemda, antara lain mempercepat tercapainya tujuan otonomi daerah dalam meningkatkan pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah.

Pelaksanaan inovasi daerah juga harus melibatkan inisiator, seperti kepala daerah atau wakil kepala daerah, Aparatur Sipil Negara (ASN), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), perangkat daerah dan berbagai elemen masyarakat.

"Peran aktif berbagai kalangan tersebut akan memacu peningkatan inovasi serta menghasilkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pelayanan publik," ujarnya.

Dalam melakukan inovasi daerah, terdapat enam area yang menjadi fokus utama, yakni inovasi administrasi, inovasi manajemen, inovasi kebijakan, inovasi frugal, inovasi teknologi serta inovasi sosial.

Inovasi di area administrasi akan memacu inovasi birokrasi pemerintahan yang lebih efektif, efisien dan akuntabel. Sementara inovasi di bidang manajemen akan mendorong perubahan tata kelola dan budaya organisasi.

Selain itu, inovasi di area kebijakan akan melahirkan kebijakan baru yang strategis dengan pendekatan yang lebih selektif. Selanjutnya dengan inovasi frugal, daerah dapat menciptakan produk dengan biaya murah. Daerah juga perlu menitikberatkan pelaksanaan inovasi di bidang teknologi, baik secara sederhana maupun teknologi mutakhir.

TEKNO
Sasar Anak Muda, Xiaomi Luncurkan Redmi 10A Seharga Mulai Rp1 Jutaan

Sasar Anak Muda, Xiaomi Luncurkan Redmi 10A Seharga Mulai Rp1 Jutaan

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:32

TANGERANGNEWS.com-Xiaomi kembali meluncurkan produk ponsel terbarunya yakni Redmi 10A. Smartphone entry level dibanderol dari harga Rp1 jutaan.

BANTEN
Kecelakaan Maut di Jalur Serang-Pandeglang, Satu Tewas Empat Luka-luka

Kecelakaan Maut di Jalur Serang-Pandeglang, Satu Tewas Empat Luka-luka

Sabtu, 28 Mei 2022 | 15:45

Kecelakaan maut yang melibatkan empat kendaraan, yaitu dua sepeda motor, bus, dan mobil pikap terjadi di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu 28 Mei 2022 sekitar pukul 08.00 WIB.

TOKOH
Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Minggu, 27 Maret 2022 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pada tahun 2010 siapa yang tidak kenal dengan Rinni Wulandari, dia penyanyi terkenal di-era itu. Ya, mungkin publik masih ingat dengan Rinni Wulandari?

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill